Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Kenapa Orang Shalih Banyak Istri?

LbmMudi- Imam Al Quthubi rahimahullah menjelaskan : “ ada yang mengatakan ‘Sesungguhnya orang yang benar -benar bertakwa syahwatnya akan besar. Karena orang yang tidak bertakwa akan mudah melampiaskan syahwatnya dengan memandang dan menyentuh yang haram. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits: “dua mata yang berzina dan tangan yang berzina” Maka ketika memandang dan menyentuh menjadi pelampiasan syahwat akan mengakibatkan sedikit keinginan dan kenikmatan berjima”.

Sedangkan orang yang benar-benar bertakwa dia tidak akan pernah memandang (menundukkan pandangan kepada yang haram) dan tidak akan menyentuh yang haram. Ini mengakibatkan syahwat terpendam di dalam dirinya dan lebih banyak melampiaskan hal tersebut dengan jima’ yang halal terhadap istrinya.

Abu Bakar Al Waraq mengatakan:” Semua syahwat dapat mengeraskan hati kecuali jima’. Sesungguhnya jima’ dapat melembutkan hati. Karena itulah para Nabi melakukan poligami dan jima”. (Tafsir Al Qurthubi Juz. 5/253).

Berikut Redaksi Kitabnya:


لماذا أهل الاستقامة يحبون تعداد الزواج
قال القرطبي رحمه الله, يقال:
“إن كل من كان أتقى فشهوته أشد لأن الذي لا يكون تقيا فإنما يتفرج بالنظر والمس ألا ترى ما روي في الخبر: “العينان تزنيان واليدان تزنيان” فإذا كان في النظر والمس نوع من قضاء الشهوة قل الجماع، والمتقي لا ينظر ولا يمس فتكون الشهوة مجتمعة في نفسه فيكون أكثر جماعا .
وقال أبو بكر الوراق:
كل شهوة تقسي القلب إلا الجماع فإنه يصفي القلب ولهذا كان الأنبياء يفعلون ذلك”انظر تفسير القرطبي (٢٥٣/٥).


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Kenapa Orang Shalih Banyak Istri?