Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum'at

Keutamaan Surat Al-Kahfi Hari Jumat merupakan hari yang dimuliakan, sebagai bukti kemuliaan hari Jumat yaitu Allah telah mentakdirkan beberapa kejadian besar dan beberapa amal ibadah khusus di hari tersebut, termasuk pelaksanaan ibadah shalat Jumat dan beberapa amal ibadah lainnya, salah satunya membaca surat Kahfi yang diistimewakan pelaksanaannya pada hari Jumat.
Disunatkan membaca surat kahfi pada malam ataupun siang Jumat.

Beberapa keutamaan membaca surat Kahfi pada malam atau siang pada hari Jumat:
  • Diberikan keampunan dosa hingga jumat yang akan datang
  • 70.000 Malaikat bershalawat kepadanya hingga shubuh
  • Disembuhkan dari penyakit
  • Terpelihara dari fitnah Dajjal, dan lain sebagaianya

Berikut dalil tentang keutamaan hari jumat dari beberapa hadits shahih:

من قراء سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين.
“Barang siapa yang membaca surat kahfi pada hari Jumat niscaya disinari ia dengan cahaya di antara dua hari Jumat”.( HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

من قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة أضاء له من النور ما بينه وبين البيت العتيق
“Barang siapa yang membaca surat kahfi di malam jumat maka dipancarkan cahaya untuknya di antaranya dan antara baitil ‘atiq”.(Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim).

فقد روي عن ابن عباس وأبي هريرة - رضي الله عنهم - أن من قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة، أو يوم الجمعة، أعطي نورا من حيث يقرأها إلى مكة، وغفر له إلى يوم الجمعة الأخرى، وفضل ثلاثة أيام، وصلى عليه سبعون ألف ملك حتى يصبح.
“Maka sungguh Ibn ‘Abbas dan Abi Hurairah r.a. telah meriwayatkan :”bahwasanya barang siapa yang membaca surat kahfi dimalam Jumat, atau hari Jumat, maka akan diberikan cahaya kepadanya sejauh tempat ia membacanya hingga ke makkah, diampunkan dosanya hingga jumat yang akan datang, dilebihkan baginya tiga hari, dan para malaikat bershalawat kepadanya hingga waktu shubuh”.

Hikmah dikhususkan membaca surat Kahfi pada hari Jumat dari sekian banyak surat dalam Al-Qur’an, karena dalam surat tersebut Allah SWT menceritakan tentang hari Kiamat, adapun hari Jumat memiliki kesamaan dengan hari kiamat karena pada hari tersebut seluruh makhluk berkumpul, dan alasan yang paling dekat karena hari Kiamat itu tejadi pada hari Jumat.

Referensi : kitab I’anatuth Thalibin, juz.2, hal.89, cet.Al-Haramain/Toha Putra.
Wallahu 'Alam Bisshawab.

Post a Comment

1 Comments