Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Siapakah Umat yang Bergelar Islam Sebenarnya?

Siapakah Umat yang Bergelar Islam Sebenarnya
Deskripsi Masalah
Islam merupakan agama yang sempurna dan benar. Jika yang menjadi tolak ukur adalah umat islam saja, maka islam yang ada pada umat nabi Muhammad saw lebih sempurna dibandingkan umat sebelumnya. Dan jika yang menjadi tolak ukur adalah umat manusia seluruhnya, islam adalah agama yang benar sedangkan agama lain adalah salah.

Pertanyaan
Apakah penamaan agama  islam itu cuma kepada umat nabi Muhammad saw saja, karena islam yang sempurna adalah pada umat beliau atau penamaan islam tersebut juga termasuk kepada umat-umat terdahulu?

Jawaban
Terjadi perbedaan pendapat tentang penamaan agama islam. Kita mengakui bahwa umat terdahulu sebagiannya adalah beriman kepada Allah swt melalui agama benar yang dibawa oleh nabi pada masa itu. Namun, apakah keimanan mereka kepada Allah swt dengan agama yang benar itu disebut agama islam? Menurut Ibnu Silah dan beliau juga mentarjihnya, agama umat terdahulu juga disebut  agama islam sama seperti penyebutan agama islam kepada umat nabi Muuhammad saw. 

Sedangkan menurut kebanyakan Ulama seperti Imam Sayuti misalnya, berpendapat bahwa penamaan islam hanya dikhususkan kepada umat nabi Muhammad saw, dan nabi-nabi terdahulu (tidak termasuk umatnya, hanya nabinya saja), alasannya karena untuk memuliakan umat nabi muhammad karena gelar islam yang ada pada umat ini sama seperti nabi terdahulu. 

Tidak termasuk kedalamnya umat terdahulu dan ini merupakan pendapat kuat. Alasannya, penamaan atau definisi  islam adalah nama bagi syariat yang mencakupi kepada Fadhilah-fadhilah (kelebihan) Ibadah yang hanya ada pada umat ini, seperti bekumpulnya shalat lima waktu (umat terdahulu  hanya melaksanakan shalat satu waktu), puasa Ramadhan, mandi Junub, Jihad dan lainnya, sebagaiman yang dipahami dari beberapa hadis masyhur. Wallahua'lam.

Sumber: Fatawa Hadisyah, Ibnu Hajar al-Haitami, hal. 127-128, cet. Darul Fikri, Lebanon.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Siapakah Umat yang Bergelar Islam Sebenarnya?