Download Kitab Dakwah Wahabi Karya Abu Teupin Raya

Banyak ulama di dunia Islam yang telah menuliskan kitab untuk menolak aqidah kaum wahabi, di mulai dari abang kandung pendiri wahabi, Syeikh Sulaiman bin Abdul Wahab yang menuliskan kitab Shawa’id Ilahiyah yang menolak pemahaman adiknya, Muhammad bin Abdul Wahab. Ulama Nusantara juga tidak ketinggalan menuliskan kitab radd atas wahabi, sebut saja Wakil Rais Akbar dan Pendiri Nahdlatul Ulama, KH Muhammad Faqih Maskumambang menuliskan kitab An-Nushush al-Isamiyyah fi Radd al-Wahhabiyyah. Ulama Aceh juga tidak ketinggalan dalam membentengi paham khawarij ini. Abon Abdul Aziz dikenal sebagai seorang ulama yang sangat kuat dalam mendokritkan kesalahan wahabi kepada para murid-murid beliau. Salah satu ulama Aceh yang menulis karangan tentang kesalahan kaum wahabi adalah Abu Muhammad Ali Irsyad Teupin Raya.

Abu Muhammad Ali Teupin Raya semasa mudanya
Beliau dilahirkan pada tahun 1921 M di Desa Kayee Jatoe pemukiman Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Beliau dilahirkan dari orang tua laki-laki yang bernama Muhammad Irsyad, sedangkan ibunya bernama Aisyah, keluarga dari turunan bapaknya adalah keturunan dari Panglima Doyen dari Aceh Besar. Sedangkan dari keluarga ibunya berasal dari keluarga ulama dari Lapang Lhoksukon yang hijrah ke Teupin Raya, maka dari darah pasangan kedua orang tuanya, mengalir darah bangsawan dan darah ‘ulama. Beliau belajar kepada beberapa ulama di Aceh dan juga belajar di Universitas al-Azhar, Kairo.


Beliau merupakan pendiri lembaga pendidikan Darussa’dah yang memiliki banyak cabang di seluruh wilayah Aceh. Selain itu beliau juga seorang pemikir, penulis dan kaligrafer yang produktif, sampai akhir hayatnya beliau telah menulis 28 judul kitab karangan yang terdiri 39 jilid buku. Yang berkisar dari ilmu pelajaran bahasa arab, logika, filsafat, fikih, falak, tafsir, terjemahan dan sejarah Islam. Beliau juga beliau juga ahli dalam ilmu falak.
Salah satu karya beliau yang berharga adalah kitab Dakwah Wahabiyah yang mengupas sejarah kelam wahabi dan kesalahan-kesalahan mereka. Bagi yang ingin mendonwload file pdf kitab tersebut silahkan di download di SINI.

Post a Comment

11 Comments

  1. bagaimana cara download kitab dakwah wahabi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba klik kata DI SINI yg terletak pada akhir postingan...kemudian ada di bawa ke halaman archive, selanjutnya coba klik kalimat PDF yg terletak pada sebelah kanan agak ke bawah...maka file kitabnya akan segera di buka, kemudian klik kanan dan langsung save

      Delete
  2. Gure, bole minta kode html widget radio mudimesra utk pasang di blog. teria kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, kodenya sudah kami masukkan dalam notepade. silahkan di donwload di link ini LBM MUDIMESRA

      Delete
  3. salut. Teruskan. Saya dukung. Terjemahan tolong ya. Orang awam tak ngerti bhs Arab.

    Oh ya, saran, ada kata2 arab dlm artikel, saya tak mengerti. Yg awam lain, mungkin juga sama swperti saya. Jadi saran saya,untuk soal ini: 1.jika mungkin ada padananan kata bhs indoensia, pakai bahs indonesia. 2.dibuat catatan kaki, jika pertimbangkan tertentu kata tersebut perlu dipertahankan bwntuk asli dlm bhs arab. 3.kamus kecil di kolom menu agar kami yg awam bisa mencari artinya di kolom tersebut.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan masukannya..In Sya Allah akan terus kami upayakan artikel kami bisa bermanfaat untuk semua kalangan termasuk yg belum mengerti bahasa arab...tentang penerjehaman kitab tersebut, juga telah kami rencanakan...doakan saja semoga berhasil

      Delete
  4. tgk neu publish silsilah naqsyabandy di aceh sigo.

    ReplyDelete
  5. Nyan kitab karangan Abuya Teupin Raya Haq perbanyak izin Darussa'adah dan Izin keluarga. Peu na neu lakei izin neu jak sebar kitab nyan secara online.

    ReplyDelete