Hukum Iddah Wanita Yang Mandul

Deskripsi Masalah :

Hikmah disyari'atkan iddah adalah untuk tidak terjadinya ikhtilat ( percampuran mani ) sehingga jelas nasab dari bayi yang ada dalam kandungan, namun ada juga wanita yang mandul sehingga tidak mungkin padanya ada keturunan.

Pertanyaan :

Apakah masih wajib iddah bagi wanita yang mandul ?

Jawaban :

sebelum kita menjawab pertanyaan diatas maka terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari iddah. Iddah adalah masa seorang wanita untuk tidak menikah, iddah disebabkan oleh talak, fasakh, dan meninggal suami.

Wajib iddah yang disebabkan oleh talak dan fasakh jika sudah terjadinya watak dalam qubul atau dubur sebelum talak dan fasakh, jika belum terjadi demikian maka tidak wajib iddah, sedangkan iddah yang disebabkan oleh meninggal suami itu wajib walau belum terjadi watak.

Jadi wanita mandul jika suaminya meninggal maka wajib baginya untuk iddah, namun apabila ditalak maka wajib iddah jika sebelumnya pernah terjadi watak ( hubungan intim ) dalam qubul atau dubur dan tidak wajib iddah jika sebelumnya tidak terjadi demikian.

Referensi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نَكَحْتُمُ الْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ طَلَّقْتُمُوهُنَّ مِنْ قَبْلِ أَنْ تَمَسُّوهُنَّ فَمَا لَكُمْ عَلَيْهِنَّ مِنْ عِدَّةٍ تَعْتَدُّونَهَا فَمَتِّعُوهُنَّ وَسَرِّحُوهُنَّ سَرَاحًا جَمِيلًا

Surat al-Ahzab ayat 49.


وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَاجًا يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا فَعَلْنَ فِي أَنْفُسِهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Surat al-Baqarah ayat 234.

فصل في العدة هي مأخوذة من العدد لاشتمالها على عدد أقراء وأشهر غالبا وهي شرعا مدة تتربص فيها المرأة لمعرفة براءة رحمها من الحمل أو للتعبد.
وهو إصطلاحا ما لا يعقل معناه عبادة كان أو غيرها ولتفجعها على زوج مات.
شرعت أصالة صونا للنسب عن الاختلاط (تجب عدة لفرقة زوج حي) بطلاق أو فسخ نكاح حاضر أو غائب مدة طويلة (وطئ) في قبل أو دبر، بخلاف ما إذا لم يكن وطئ وإن وجدت خلوة (وإن تيقن براءة رحم) كما في صغيرة وصغير.
(ولوطئ) حصل مع (شبهة) في حله كما في نكاح فاسد وهو كل ما لم يوجب حدا على الواطئ.

I'anatutthalibin Juz 4 Hal 37-39 Cet Haramain.


(و) تجب العدة (لوفاة) زوج حتى (على) حرة (رجعية وغير موطوءة) لصغر أو غيره، وإن كانت ذات أقراء

I'anatutthalibin Juz 4 Hal 42 Cet Haramain.

Post a Comment

2 Comments

  1. Mohon maaf sebelumnya atas kritikan saya.

    Saya admin website WWW ALHAQ XYZ, saya sering mengutip artikel di website LBM ini, oea untuk artikel ini menurut saya rangkaian kalimat / gaya bahasa penjelesannya sulit dipahami. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas saran dan masukannya...

      In Sya Allah akan kami coba menulis artikel lain dalam topik ini dengan bahasa yang semoga saja lebih mudah di pahami...

      Delete