Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Hikmah Menyapu Dua Sepatu

Diskripsi Masalah:

Agama islam merupakan agama yang sempurna di antara agama lain. Karena dalam agama islam, telah mencakup berbagai aturan tentang praktek ibadat yang berkenaan tentang hal syarat, rukun, batal dan sah maka hal yang demikian tidak bisa diubah karena sudah ada ketetapan dalam agama islam. Dan agama islam pula memberi kan rukhsah (keringanan)kepada orang orang tidak mampu mengerjakan ibadat seperti menyapu dua sepatu bagi musafir dan mukim ( orang yang tinggal tetap di tempat ia berdomisili )

Pertanyaan:

Apakah hikmah menyapu dua sepatu ?

Jawaban:

Tersebut dalam redaksi kitab karangan ustad Syaihk Ali Ahmad Al-Jarjawi salah satu ulama Azhar beliau mengatakan bahwasanya hikmah syari’ ( Allah ) menjadikan cara menyapu pada zahir (atas sepatu ) bukan menyapu batin ( tapak sepatu) karena zahir dua sepatu adalah sesuatu yang bisa di lihat, sedangkan batin sepatu bersentuhan dengan tanah, maka zahir dua sepatu tersebut lebih sesuai secara akal.

والحكمة فى أن الشارع جعل المسح على ظاهرهما دون باطنىهما لان الظاهر هو المرئ أمام العين والباطن مباشر بللأرض  فكان المسح علي ظاهرهما معقولا موافقا

Kitab Hikmah Tasri’ Wa Falasaf juz 1 halaman 161 cetakan Haramain tanpa tahun


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Hikmah Menyapu Dua Sepatu