Tashrif Isim Fael dan Isim Maf’ul

Deskipsi Masalah:

Dunia Tashrif merupakan hal awal yang harus diketahui bagi santri yang ingin membaca kitab gundul, berbicara tentang tashrif tashrif sepuluh merupakan pokok dasar yang harus diketahui, madhi, mudhari', masdar, isim fael, isim maful dan lainnya. Dalam Tashrif 10 ini kita melihat ada 2 kalimat yang berbeda saat pentasrifannya yaitu isim fael dan isim maful.

Pertanyaan:

Mengapa pada awal tasrif isem Fael di gunakan lafad (هو) sehingga di baca فهو فاعل, sedangkan pada tasrif isem maf’ul di gunakan lafal (ذاك) sehingga di baca وذاك مفعول?

Jawaban:

Hal ini ditambahkan dikarenakan fael ialah kalimat yang di marfu’kan, maka di pilih suatu lafad yang pemakaiannya marfu’ dari isim-isim yang mengisyarah bagi isem fael supaya di pahami waza’h fael. Sedangkan Maf’ul adalah kalimat yang di mansubkan,jadi di pilih lafal yang di mansubkan untuk isem maf’ul supaya di pahami waza’h maf’ul.

Mengapa tasrif isim fael ada 10 kalimat, sedangkan tasrif isim maf’ul ialah 7 kalimat?

Hal ini karena pemakaian pada kalam dan wujud isim fael lebih banyak ketimbang isim maf’ul, hal ini dikarenakan isem fael ada dari tashrif fiel muta’adi dan lazem, sedangkan isem maf’ul hanya dari fiel muta’adi saja kecuali dengan perantara huruf jar.

- Syarah Matlub, Hal 48 Cet Haramain
- Syarah Matlub Hal 42 Cet, Haramain

Post a Comment

0 Comments