Doa ketika memakai pakaian baru

Ketika memakai pakaian baru, selain membaca doa yang disunatkan dibaca ketika memakai pakaian, juga disunatkan membaca doa tambahan yang lain sebagai tanda syukur kita kepada Allah yang telah memberikan kemudahan rizki kepada hambaNya.

Beberapa doa yang dibacakan oleh Rasulullah ketika memakai baju baru adalah:

اَللّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ أسْألُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Ya Allah hanya bagimu segala pujian. Engkau telah memakaikannya (pakain baru ini) untukku. Aku minta padaMu kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan untuknya. Dan saku berlindung dengan Mu dari keburukannya dan keburukan yang diciptakan untuknya.

Doa tersebut diwayatkan oleh Imam at-Turmizi dalam hadist yang shahih.

Dalam hadits yang lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Turmizi, Rasulullah SAW mengatakan barang siapa membaca doa dibawah ini ketika memakai baju baru dan kemudian bersadaqah dengan bajunya yang telah usang niscaya ia akan ada dalam pemeliharan Allah dan akan hidup dan mati di jalan Allah.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي كَسَانِي مَا أُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَأَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي

Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan aku pakaian untuk menutupi auratku, dan aku bisa berhias dengannya dalam hidupku.

Referensi:

Kitab al-Azkar, Imam Nawawi hal 27 Cet. Dar Tauzi` wan nasyr islamiyah thn 2002

Post a Comment

0 Comments