Doa dan Zikir Sepuluh Hari Zulhijjah

Doa dan Zikir Sepuluh Hari ZulhijjahSatu Zulhijjah hingga 10 Zulhjjah merupakan hari-hari yang baik untuk meperbanyak amalan. Pada hari-hari ini juga di sunatkan untuk berpuasa. selain itu juga di anjurkan memperbanyak zikir dan doa. Diantara zikir dan doa yang dapat di amalkan selama sepuluh hari di awal bulan Zulhijjah adalah :

Doa di bawah ini di baca setiap hari selama sepuluh hari zulhijjah

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ اللَّيَالِي وَالدُّهُوْرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الأيَّامِ وَالشُّهُوْرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَمْوَاجِ الْبُحُوْرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أضْعَافِ اْلأُجُوْرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ اْلقَطْرِ وَاْلمَطَرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَوْرَاقِ الشَّجَرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الشَّعْرِ وَالوَبَرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الرَّمْلِ وَالْحَجَرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الزَّهْرِ وَالثَّمَرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أنْفَاسِ اْلبَشَرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ لَمْحِ اْلعُيُوْنِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ مَا كَانَ وَمَا يَكُوْنُ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ تَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَيْرُ مِمَّا يَجْمَعُوْنَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فِي اْللَيْلِ إِذَا عَسْعَسْ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فِي الصُّبْحِ إذَا تَنَفَّسَ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الرِّيَاحِ فِي اْلبَرَارِي وَالصُخُوْرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إلَى يَوْمِ يُنفَخُ فِي الصُّوْرِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ خَلْقِهِ أجْمَعِيْنَ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

Imam ath-Thabari meriwayatkan, siapa yang membaca doa di bawah ini sepuluh kali setiap hari hingga 10 Zulhijjah akan di ampunkan dosanya yang terdahulu dan yang kedepan.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الدُّهُوْرِ،لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ أَمْوَاجِ الْبُحُوْرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ النَّبَاتِ وَالشَّجَرِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ الْقَطْرِ وَاْلَمَطِر، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ عَدَدَ لَمْحِ الْعُيُوُنِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُوْنَ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمٍ يُنْفَخُ فِي الْصُوْرِ

Pengarang kitab Kanzun Najah, Syeikh Abdul Hamid mengatakan bahwa yang lebih baik kedua doa tersebut di baca 10 kali setiap hari, namun bila ingin membacanya salah satu saja maka yang kedua lebih utama.
Beliau melanjutkan salah satu doa yang baik di amalkan di 10 hari Zulhijjah doa yang beliau kutip dari tulisan seorang ulama shalih yang di riwayatkan dari Syeikh Khattab al-Makki al-Maliky, beliau menjelaskan di tuntutkan untuk mengulang ulang doa ini semampunya tanpa ada jumlah yang tertentu, doa ini berfaedah untuk memudahkan kelancaran dalam membayar utang.


(اَلَّلهُمَّ) فَرَجَكَ الْقَرِيْبَ (اَللَّهُمَّ) سِتْرَكَ الْحَصِيْنَ (اَللَّهُمَّ) مَعْرُوْفَكَ الْقَدِيْمَ (اَللَّهُمَّ) عَوَائِدَكَ الْحَسَنَةَ (اللهم) عَطَاكَ الْحَسَنَ الْجَمِيْلَ، يَا قَدِيْمَ الْإِحْسَانِ إِحْسَانَكَ الْقَدِيْمَ، يَا دَائِمَ الْمَعْرُوْفِ مَعْرُوْفَكَ الدَّائِمَ

Imam al-Allamah Syarif Maul `ainan dalam kitab Na`atil badayat, menyebutkan salah satu wirid yang berfaedah selama 10 hari Zulhijjah adalah doa yang di ajarkan oleh Rasulullah kepada shahabat-shahabat khusus yaitu :

حَسْبِيَ اللهُ وَكَفَى، سَمِعَ اللهُ لِمَنْ دَعَا، لَيْسَ وَرَاءَهُ مُنْتَهَى، مَنْ تَوَكَّلَ عَلَى اللهِ كُفِيَ، وَمَنْ اِعْتَصَمَ باِللهِ نَجَا
Referensi:
Kanz Najah was surur fi ad`iyah allati tasyrah shudur, karangan Syeikh Abdul Hamid Qudus
Sumber: ABU MUDI

Post a Comment

2 Comments

  1. Admin, di akun Fb Abu ada yg komentar agar do'a di kasih baris, dan Abu membalas komentar dengan memberikan alamat halaman ini. Tapi di sini juga belum ada baris. Mohon admin menindaklanjutinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah kami beri baris , coba di perhatikan dengan seksama.
      Atau bisa juga di download dalam format word di bawah ini

      Download Do`a 10 hari Zulhijjah

      Delete