Ulama Mazhab Syafi'i yang Populer Dengan Nama Kitab


    Dalam mempelajari kitab-kitab turats mazhab syafi’i, sering dijumpai istilah  yang banyak dan beragam. Begitu juga dalam penyebutan nama ulama  yang  terkadang memiliki istilah sendiri sehingga cukup sulit untuk dikenali. Seringkali dalam penyebutan ini nama ulama diganti dengan kata “sahib” yang disandingkan dengan kitab karangan beliau yang terkenal. 

    Oleh karena itu kami dari pihak LBM MUDI MESRA mencoba berbagi sedikit ilmu tentang masalah ini. Semoga bermanfaat.

1. صاحب جمع الجوامع (pengarang kitab Jam'ul Jawami’)
    Nama asli beliau adalah Abu Sahal Ahmad bin Muhammad Ad-Dauri, terkenal dengan julukan Ibni ‘Afrisy. Al-Ubadi menduga bahwa Abu Sahal hidup satu masa dengan Al-Qaffal Asy-Syairazi-Syasyi. Ad-Dauri mengumpulkan kitab Jam'ul Jawami’ dari kitab-kitab Asy-Syafi'iyah. Imam Ar-Rafi'i ada menukil pendapat beliau pada awal masalah thaharah. Imam Nawawi juga ada menukil pendapat Ad- Dauri dalam tambahannya dalam kitab Minhaj At-Thalibin namun Nawawi tidak mengambilnya langsung dari kitab Ad-Dauri tapi melalui kitab Ibnu Shalah. Ad-Dauri wafat pada tahun 372 H.

2. صاحب التقريب ( pengarang kitab At-Taqrib)
    Nama beliau adalah Al-Qasim bin Al-Qaffal Al-Kabir Asy-Syasyi, pengarang At-Taqrib yang merupakan syarah kitab Al-Mukhtashar. Ukuran At-Taqrib hampir sama dengan ukuran kitab Al-Aziz karangan Imam Ar-Rafi’i. At-Taqrib merupakan kitab yang luar biasa dan banyak mengandung hadits dan pendapat Imam Asy-Syafi'i. Beliau wafat pada tahun 400 H.

3. صاحب المستدرك على الصحيحين (pengarang kitab Al-Mustadrak 'Ala Shahihain)
    Beliau adalah Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah an-Naishaburi yang dikenal dengan Al-Hakim. Beliau adalah seorang faqih hafidh dan tsiqah dan menjadi tempat berpegangnya pembesar-pembesar ahli hadits. Abu Abdullah wafat pada tahun 405 H.

4. صاحب التتمة ( pengarang kitab At-Tatimmah)\
    Beliau bernama Abu Sa'id Abdurrahman bin Ma’mun Al-Mutawali an-Naishaburi, belajar fiqh kepada Al-Faurani di Marwa dan belajar kepada Al-Qadhi Husai di Marwarraud. Beliau mengarang kitab At-Tatimmah yang merupakan ringkasan dari kitab Al-Ibanah karangan Imam Al-Faurani dengan ditambahkan beberapa hukum yang kurang sehingga kitab beliau dinamakan kitab Tatimmatul Ibanah. Dan kitab At-Tatimmah inipun tidak sempurna selesai hanya sampai pada masalah mencuri yang kemudian disempurnakan oleh jama’ah. Beliau wafat pada tahun 478 H.

5. صاحب البحر (pengarang kitab Al-Bahr)
    Pengarang kitab ini bernama Qadhi Al-Qudda’ Abdul Wahid bin Ismail ar-Rauyani dan kitabnya yang lain bernama Bahrul Al-Mazhab dan Hilliiyah Al-Mukmin. Satu riwayat mengisahkan bahwa beliau pernah berkata “Seandainya seluruh kitab Imam Asy-Syafi'i dibakar maka aku akan mendiktekannya dari hafalanku”. Beliau wafat pada tahun 502 H.

6. صاحب الحلية (pengarang kitab Al-Hilliiyah)
    Namanya adalah Abu Bakar Muhammad bin Ahmad Asy-Syasyi yang mempunyai gelar Fakhrul Islam. Selain kitab diatas, Asy-Syasi juga menulis kitab Hilliyah Al-Ulama’ Fi Ma’rifah Mazhab Al-Fuqaha’ dan kitab Asy-Syafi Syarh Al-Kamil. Beliau wafat pada tahun 505 H.

7. صاحب الذخائر (pengarang kitab Az-Zakha’ir)
    Beliau adalah Al-Qadhi Bahauddin Abu Al-Ma’ali Al-Majalli bin Naja Al-Makhzumi Al-Asyuthi. Beliau mengarang kitab yang bernama Az-Zakha’ir fi Fiqh Asy-Syafi'iyah. Imam Al-Asnawi berkata tentang kitab beliau : “Kitabnya memiliki banyak permasalahan cabang dan sesuatu yang rahasia  akan tetapi susunannya tidak biasa, berat untuk orang yang ingin mengeluarkan masalah darinya dan didalamnya juga terdapat asumsi-asumsi”. Beliau wafat tahun 549 H.

8. صاحب البيان ( pengarang kitah Al-Bayan)
    Namanya adalah Abu Al-Hasan Yahya bin Abi Al-Husain bin Salim Al-Yamani. Beliau merupakan guru para ulama Asy-Syafi'iyah di Yaman, pengarang kitab Al-Bayan fi Furu’ Asy-Syafi'iyah. Wafat tahun 558 H.

9. صاحب التعجيز ( pengarang kitab At-Ta’jiz)
    Beliau bernama Tajuddin Abdurrahim bin Abdul Malik bin Imad bin Yunus, seorang imam dalam ilmu fiqh dan ilmu ushul fiqh, pengarang kitab at-Ta’jiz yang merupakan ringkasan dari kitab Al-Wajiz Al-Ghazali yang menjelaskan tentang furu’ syari’at. Kitab ini sangat luar biasa dan terkenal di kalangan ulama mazhab Asy-Syafi'iyah. Beliau wafat pada tahun 669 H.

10. صاحب التوشيح (pengarang kitab At-Tausyikh)
    Bernama Qadhi Al-Qudha’ Tajuddin Abu an-Nashr Abdul Wahab bin Ali as-Subki. Beliau belajar ilmu fiqh dari ayahnya dan dari Az-Zahabi dan memiliki IQ yang jenius hingga tidak ada yang setara dengannya dalam masalah ilmu pada masanya. Karangannya adalah Tausyih at-Tahshih dalam ilmu ushul fiqh dan wafat pada tahun 769 H setahun setelah merampungkan kitab ini .

11. صاحب العجا لة (pengarang kitab Al-‘Ajalah)
    Beliau adalah Al-Bahr Al-Kamil Asy-Syaikh Sirajuddin anu Al-Hasan bin Al-Mulqin Al-Mishry Umar bin Ali bin Ahmad. Beliau adalah ulama paling alim di bidang fiqh pada zamannya yang memiliki karangan yang banyak dan populer, diantaranya adalah Syarh Al-Kabir li Al-Minhaj dan ‘Ajalah Al-Muhtaj ‘ala Al-Minhaj karana lebih khusus dari syarahannya yang pertama. Wafat pada tahun 773 H.

12. صاحب التحرير الفتاوى (pengarang kitab Tahrir li Al-Fatawa)
    Nama asli beliau adalah Al-‘Allamah Asy-Syaikh Waliyuddin Ahmad bin Abdullah Al-‘Iraqi. Beliau adalah solusi (tempat orang bertanya) pada zamannya. Karangannya banyak diantaranya adalah at-Tahrir yang merupakan ta’liq dari kitab at-Tanbihdan Al-Minhaj dan al-Hawi ash-Shaghir. Wafat tahun 908 H.

13. صاحب الارشاد (pengarang kitab al-Irsyad)
    Beliau adalah Al-Bahr Al-Mudaqqiq Asy-Syaikh Syarifuddin Mahmud bin Al-Husain Al-Mishri. Seseorang yang sangat faqih, zahid dan teliti dalam menukil dan mentarjih. Beliau memiliki banyak karangan yang bagus diantaranya Irsyad Al-Muhtaj fi Syarh Al-Minhaj. Kitab seperti ini sangat langka dan sangat banyak manfaatnya.Wafat tahun 976 H.

Sumber
Al-Hafnawiy, Prof. DR. Muhammad Ibrahim,. "Al-Fathul Mubin Fi Ta’rif Mushthalahat Al-Fuqaha wal Ushuliyyin"

Post a Comment

2 Comments