Beberapa Faktor (Hawa dan Nafsu) Dorongan Melakukan Maksiat



Nafsu adalah sesuatu yang mengajak atau mendorong kita untuk melakukan maksiat, ajakan atau dorongan yang timbul dari diri sendiri. Berbeda dengan Hawa, karena Hawa adalah dorongan untuk melakukan maksiat, baik yang timbul dari sendiri atau dari luar. Setiap Nafsu adalah Hawa, tidak sebaliknya.

Dikutip dari kitab Muraqi Ubudiah pada halaman 61, Menurut Imam Hamdani beberapa faktor Nafsu yang mendorong seseorang melakukan maksiat ada 10, yaitu :

 الحرص

Rakus atau tama’ adalah salah satu foktor utama maksiat karena berkeinginan lebih menjadikan kita ingin selalu lebih dibandingkan orang lain. Rakus atau Tamak  yang dilarang adalah tamak untuk urusan dunia , sedangkan untuk masalah akhirat adalah sangat dianjurkan.

الشهوة .

Syahwat atau keinginan mengikuti kehendak yang tidak dibolehkan agama juga menjadi perkara yang menyebabkan maksiat.

الشح

Kikir atau pelit dalam memberi bantuan kepada orang lain, ini juga merupakan salah satu faktor yang menjadikan seseorang akan terjerumus ke dalam maksiat.


الرغبة

Gemar pada bukan haknya, misalnya gemar kepada milik orang lain atau atau bahkan gemar terhadap orang-orang maksiat

الزيغ
Menyeleweng dari tanggung jawab, seperti mengunakan harta anak yatim bukan tempatnya.

القسوة
Keras hati, yang menyebabkan seseorang tidak akan mudah mendengarkan dan menerima nasehat sehingga selalu pada kemaksiatan

سوء الخلق
Punya Akhlak yang tidak baik, ini akan sangat sangat berpengaruh karena akan menimbulkan hal-hal buruk lainya

الأمل

Berangan-angan atau bercita-cita untuk melakukan perkara-perkara yang tidak diizinkan agama.

التلمع

Merampas hak-hak orang lain. Karena perkara yang haram biasanya tetap akan digunakan pada perkara haram/ maksiat.


الكسل
Malas, kemalasan akan membuat waktu sia-sia dan membuat pikiran kosong. Saat itulah syitan masuk ke dalam hati untuk mengajak kepada maksiat.

Demikianlah 10 Faktor Nafsu yang mendorong seseorang melakukan maksiat, pada kesempatan lain kami akan membahas Faktor-faktor yang timbul dari Hawa, yang juga mendorong kepada maksiat. Insyaallah. Semoga Bermanfaat. Wallahua'lam.

Post a Comment

2 Comments