Cara Berzikir “Laailahaillallah” Yang Paling Sempurna Menurut Imam Sanusi

Cara Yang Paling Sempurna Untuk Berzikir
 لآ إله إلا الله محمد رسول الله
Menurut Imam Sanusi Dalam kitab Ummul Barahin.


Berzikir dengan kalimah لآ إله إلا الله محمد رسول الله adalah sebuah ibadah sunnah yang sangat besar pahalanya. ini dikarenakan kalimat tersebut adalah kalimat syahadah yang nilainya di sisi Allah sangat tinggi dan juga mengandung bermacam-macam rahasia dan kelebihan yang amat banyak, Namun untuk meraih segala keagungan dan kelebihan kalimah tersebut, diperlukan cara khusus dalam berzikir agar hasil dan fadhilahnya sempurna.

Untuk itu kami akan mencoba menjelaskan cara yang paling sempurna untuk berzikir لآ إله إلا الله محمد رسول الله menurut Imam Sanusi dalam kitabnya Ummul Barahin berikut ini.

1. Mengambil wudhu, memakai pakaian suci, mencari tempat suci, khalwah semampunya, mencari waktu-waktu mulia seperti setelah subuh sampai munculnya matahari, setelah ashar sampai tenggelamnya matahari, antara magrib dan isya dan waktu sahur.

2. Mengucapakan :

بتوفيقك أمتنا لا لأمرك مستعينا بك اللهم إني أستغفرك يا مولاى وأتوب اليك من جميع الصغائر والكبائر وهواتف الخواطر

3. Membaca ta’awudz :
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

4. Membaca Ayat Ke 20 dari Surat Al- Muzammil:

۞ وَمَا تُقَدِّمُواْ لِأَنفُسِكُم مِّنۡ خَيۡرٖ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ هُوَ خَيۡرٗا وَأَعۡظَمَ أَجۡرٗاۚ وَٱسۡتَغۡفِرُواْ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٞ رَّحِيمُۢ. ٢٠
Artinya : “ Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ”.

5. Istighfar 100 kali.

6. Membaca ta’awudz.

7. Membaca dalam hati Ayat :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

8. Menghadirkan (Membayangkan) betapa besarnya kedudukan dan keagungan Nabi Muhammad SAW di sisi Allah taala dalam hati.

9. Mengucapkan :

لبيك مولاى وسعديك والخير كله في يديك وها هو العبد الفقير الحقير راكن لمنيع جنابك متوسل اليك بأفضل أحبابك يقول بتوفيقك ممتثلا لأمرك ومستعينا بك فى جميع أموره.

10. Membaca Sahalawat Kepada Nabi SAW sebanyak 500 kali dengan membayangkan seolah-olah nabi hadir dihadapan kita, contoh shalawatnya :

أللهم صلّ على سيدنا محمد نبيك ورسولك وخليلك صلاة اَرْقَى بها مراقي الإخلاص، وأنال بها غاية الاختصاص ، وسلم تسليماً عدد ما أحاط به علمك وأحصاه كتابك.
11. Membaca Tahmid (Puji-Pujian) Sebanyak 3 atau 7 kali dengan menghayati akan besarnya nikmat Allah yang telah memberikan Taufiq bagi kita untuk memulai dan menyelesaikan bacaan Shalawat dan mensyukurinya, yaitu misalnya dengan membaca :

الحمدلله ألذي انعم علينا بنعمة الإيمان والإسلام وهدانا بسيدنا ومولانا محمد عليه من الله تعالى افضل الصلاة و ازكى السلام. الحمدلله هدانا لهذا وماكنا لنهتدي ان هدانا ألله ، لقد جاءت رسل ربنا بالحق.
12. Membaca Ta'awudz  أعوذ بالله من الشيطان الرجيم )

13. Membaca Firman Allah Surat Muhammad ayat 19 :  فاعلم انه لآ إله إلا الله

14. Mengucapkan Doa :

لبيك مولاي وسعديك، والخير كله في يديك ، وها هو العبد الفقير الحقير يوحدك بالتهليل منخلعا من كل شرك ومن كل تغيير وتبديل بقوله مخلصا من قلبه ذاكرا لربه لآ إله إلا الله محمد رسول الله صلى الله عليه و سلم.

15. Membacakan Dzikir لآ إله إلا الله محمد رسول الله dengan selalu menghayati maknanya sampai habis Jumlahnya (200 / 300 / 400 / 500 kali atau seterusnya seberapa banyak yang sanggup dibaca).

Demikianlah Cara berzikir “Laailahaillallah” yang paling sempurna yang insya Allah bila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan manfaat yang sangat besar juga. Wallahu 'Alam Bisshawab,

Referensi : Kitab Hasyiah Dusuki 'ala Ummul Barahin Cetakan Haramain Halaman 230.

Post a Comment

4 Comments