Takbir Intiqalat Si Masbuq Sesudah Salam Imam

Deskripsi masalah:

Masbuq merupakan orang yang terlambat dalam sholat beserta imam, kita sudah cukup mengerti pula yang namanya masbuk harus mentadarruk (menambahkan) rakaat tergantung pada rakaat ke berapa dia mengikuti imam, namun kadang sebagian kita ada yang kurang mengerti dalam hal takbir intiqalat dalam rangka menambahkan rakaat yang belum kita kerjakan sesudah salam dari imam.

Pertanyaan:

Apakah setiap si masbuk harus melafadkan takbir intiqalat itu atau tidak ?

Jawaban:

Dalam hal ini ulama fiqh berbeda pendapat namun menurut pendapat yang kuat terdapat rinciannya,jika duduknya seseorang juga merupakan duduknya dalam keadaan sholat munfaridan (sendiri) seperti halnya mendapatkan si imam pada rakaat yang ke dua pada sholat magrib otomatis tahiyatu awal si makmum terdapat pada tahiyatul akhirnya imam maka yang demikian dianjurkan untuk takbir intiqalat sebaliknya apabila duduknya si masbuq bukan pada posisi duduk jika shalat secara terasing maka tidak ada anjuran takbir.

Referensi : Minhajuttalibin juz 1 hal 293 cet Darul fikri

(وَإِذَا سَلَّمَ الْإِمَامُ قَامَ الْمَسْبُوقُ مُكَبِّرًا إنْ كَانَ) جُلُوسُهُ مَعَ الْإِمَامِ (مَوْضِعَ جُلُوسِهِ) لَوْ كَانَ مُنْفَرِدًا بِأَنْ أَدْرَكَهُ فِي ثَانِيَةِ الْمَغْرِبِ أَوْ ثَالِثَةِ الرُّبَاعِيَّةِ. (وَإِلَّا) أَيْ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ جُلُوسُهُ مَعَ الْإِمَامِ مَوْضِعَ جُلُوسِهِ لَوْ كَانَ مُنْفَرِدًا، كَأَنْ أَدْرَكَهُ فِي ثَانِيَةِ الرُّبَاعِيَّةِ أَوْ ثَالِثَةِ الْمَغْرِبِ. (فَلَا) يُكَبِّرُ عِنْدَ قِيَامِهِ (فِي الْأَصَحِّ) وَالثَّانِي يُكَبِّرُ لِئَلَّا يَخْلُوَ الِانْتِقَالُ عَنْ ذِكْرٍ، وَالسُّنَّةُ لِلْمَسْبُوقِ أَنْ يَقُومَ عَقِبَ تَسْلِيمَتَيْ الْإِمَامِ، وَيَجُوزُ أَنْ يَقُومَ عَقِبَ الْأُولَى فَلَوْ مَكَثَ بَعْدَهُمَا فِي مَوْضِعِ جُلُوسِهِ لَمْ يَضُرَّ، أَوْ فِي غَيْرِهِ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ.

Post a Comment

2 Comments

  1. Assalamualaikum
    Tengku Gure Yth,sy belum jelas paham apa yg dimaksd dgn Takbir intiqalat?
    Dan si Masbuq datang pada Rakaat kedua ketika imam sedang membaca fatihah ,berati si Masbuq kurang 1 rakaat klw misalkan pada shalat Magrib,ketika imam sudah salam si Masbuq bangun berdiri & membaca Takbir jg? Terim Kasih

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum,Meuah Guree neu tulong penjelasan tentang pertanyaan ulon tuan,supaya tidak ada keraguan pada diri u Lon Tuan,Terima Kasih

    ReplyDelete