Shalat Jenazah Datang Terlambat, Bagaimana Ikut Imamnya?

Deskripsi Masalah:

Shalat jenazah merupakan shalat yang tata cara pengerjaannya agak sedikit berbeda dengan shalat yang umumnya kita lakukan, lantaran shalat ini tidak ada bilangan rakaatnya tetapi hanya dilakukan dengan 4 kali takbir.

Pertanyaan:

Seseorang terlambat (masbuq) ketika mengikuti shalat jenazah secara berjamaah, apakah langkah yang harus dikerjakan oleh si masbuq ketika mengikuti imam?

Jawaban

Bagi seseorang yang masbuq dalam mengikuti shalat jenazah berjama'ah, maka dia memulai dengan takbir sebagaimana biasanya, selanjutnya mengikuti imam di setiap takbir, namun si masbuq tetap membaca bacaan yang diperintahkan sesuai takbir shalatnya sendiri sekalipun berbeda dengan imam.

Sebagai contoh si mashbuq mendapati imam sedang melakukan takbir yang kedua, maka si mashbuq langsung takbir lalu membaca alfatihah walaupun imam pada saat itu membaca shalawat, begitu juga seterusnya ditiap takbir membaca bacaan yg telah ditetapkan .

Begitu imam selesai mengucapkan salam sedangkan si mashbuq baru selesai dari bacaan dalam takbir yang ke tiga, maka si mashbuq menyempurnakan ketinggalannya dengan melakukan takbir ke empat.

Ihyaulumuddin Juz 1 Hal 205

ومن ادرك التكبيرة الثانية فينبغى ان يراعي ترتيب الصلاة فى نفسه ويكبر مع تكبيرات الامام، فإذا سلم الإمام قضى تكبيره الذى فات كفعل المسبوق

Simak Pengajian Ihya Ulumuddin Bersama Abu MUDI



Post a Comment

0 Comments