Puasa Adalah Solusi Bagi Segala Penyakit


 

Allah yang maha bijaksana telah memfardhukan puasa terhadap kita. Sebagaimana yang sudah maklum bahwa keutamaan maupun hikmah yang terkandung di dalam berpuasa sangatlah banyak. Selain itu, Allah juga telah menjadikan puasa dengan banyak faedahnya sebagai bentuk penyembuhan berbagai penyakit yang bisa menghilangkan nyawa seseorang dalam sekejap. Agar kita lebih tahu tentang faedah puasa secara medis, berikut adalah paparan beberapa pendapat dokter Muslim.


Dari sudut pandang pengobatan secara fisik, berpuasa dianggap sebagai perantaraan penyucian badan dengan menghilangkan segala yang ada didalam badan, baik itu berupa racun racun atau makanan makanan yang dapat mebahayakan tubuh. Dalam teori pengobatan fisik, kita akan menemukan penjelasan tentang pengobatan meluli mengosongkan perut dari makanan. Selain berfungsi membersihkan dan menyucikan, keistimewaan lain dari berpuasa adalah merileksasikan organ organ pencernaan dan penyerapan serta organ-organ produksi lainnya. Puasa juga merupakan salah satu faktor penyegaran vitalitas dengan memberi  sel-sel kehidupan dan stamina baru.


Puasa bukan merupakan hal baru yang di lakukan di masa keislaman saja, Orang-orang di masa lalu menganggapnya sebagai salah satu norma kehidupan. Hal ini nampak dalam agama Mesir kuno dan agama agama terdahulu yang telah di jelaskan dalam kitab samawi, sudah tidak di ragukan lagi bahwa faktor kesehatan terdapat dalam berpuasa, baik itu kesehatan fisik atau akal.


Hanya saja, puasa yang telah dijalankan oleh para pendahulu tidak semua karena tujuan melaksanakan kewajiban, seperti hal nya Socrates dan Plato berpuasa selama 10 hari selama beberapa bulan hannya untuk sebuah keilmuan. Ada yang mengatakan bahwa para pendeta pada masa abad pertengahan juga melakukan puasa sebagai pengobatan yang efektif bagi berbagai penyakit kronis. Bahkan Ibnu Sina, seorang dokter Muslim tersohor mengharuskan puasa 3 pekan dalam berbagai jenis penyakit yang diobatinya, bahkan salah satu teori ibnu Sina  yang sangat populer, puasa dapat menjadi faktor penting dalam mengobati penyakit cacar dan sipilis.

Dr. Robert Bartollo, seorang pakar kesehatan dari Amerika pernah berkata “Tidak diragukan lagi bahwa puasa merupakan cara efektif untuk membersihkan kuman-kuman (antara lain kuman sipilis) karena puasa dapat merusak sel-sel dan membangun kembali dengan baru. Inilah yang disebut sebagai teori melaparkan diri untuk mengobati sipilis yang merupakan teori timur klasik. Berbagai penyakit juga dapat disembuhkan dengan pengobatan ini.”


Dari semua paparan diatas jelas bahwa berpuasa dapat memulihkan hampir semua penyakit yang di alami oleh manusia.


Ref: حكمة التشريع وفلسفته

Hal: 102

Posting Komentar

0 Komentar