Memahami Kaidah " الرخص لا تناط بالمعاصي"



Dalam menjalankan ibadah tentunya tidak semua orang dalam kondisi prima atau dalam waktu luang, terkadang seseorang berada dalam situasi sulit untuk bertahan hidup seperti terdampar di hutan atau lainsebagainya, dan juga terkadang dalam waktu sempit, maka islam memberikan keringanan yang disebut rukhsah. Rukhsah adalah sikap toleransi yang membolehkan seorang muslim melakukan beberapa hal yang tidak dibolehkan pada dasarnya, seperti : memakan bangkai demi bertahan hidup, mengqasar shalat ketika bepergian, dan lain sebagainya. Namun seseorang tidak diperbolehkan mengambil kesempatan tersebut dengan bertujuan maksiat.


Sebagaimana tertera dalam qaidah ushul fiqh "الرخص لا تناط بالمعاصي” yang artinya : Rukhsah tidak diperuntukkan untuk bermaksiat. Dari sini kita dapat memahami bahwa ketika keringanan diberikan kepada suatu perkara, maka harus ditinjau dulu perkara tersebut, apakah dilandasi maksiat atau tidak ? 

Jika keringanan itu bersumber dari perkara yang haram maka tidak diberikan keringanan, karena rukhsah tidak diperuntukkan untuk maksiat.


Dengan ini jelas perbedaan diantara maksiat bi-safr (seseorang melakukan perjalanan dengan tujuan maksiat), dan maksiat fi-safr (seseorang melakukan perjalanan tidak bertujuan maksiat, namun diperjalanan ia bermaksiat). Maka dapat dipastikan pelaku maksiat bi-safr tidak dapat melakukan rukhsah (keringanan) dalam perjalanannya, seperti : qasar dan jama’ shalat, meninggalkan jum’at, dan memakan bangkai, tutur imam suyuthi.


Dan sebagian dari contoh kasus qaidah adalah :

- jikalau seseorang memakai sepatu yang diharamkan (terbuat dari emas) maka ia tidak diperbolehkan manyapunya ketika berwudhu'.

- jikalau seseorang beristinjak menggunakan benda yang dihormati (seperti kertas yang bertuliskan ilmu agama maka istinjaknya tidak dianggap pada pendapat kuat, karena memadai istinjak dengan batu adalah perkara rukhsah, dan rukhsah tidak diperuntukkan untuk maksiat.

- jikalau seorang murtad mengalami gangguan jiwa, maka ia harus meng-qadha seluruh shalat semasa gilanya, sebalik wanita murtad yang menstruasi maka ia tidak perlu meng-qadha shalat yang dimasa-masa haidnya ketika gila, karena gugur qadla shalat ketika haid adalah ‘azimah, dan ketika gila adalah rukhsah, sedangkan murtad bukan dari golongan penikmat rukhsah.





Referensi :

إضاح القواعد الفقهية للشيخ عبد الله بن سعيد اللحجي

Halaman 137-138



الرخص لا تناط بالمعاصي


ومعنى ذلك : أن فعل الرخصة متى توقف على وجود شيء نُظر في ذلك الشيء، فإن كان تعاطيه في نفسه حراما امتنع معه فعل الرخصة ، وإلا فلا .


وبهذا يظهر الفرق بين المعصية بالسفر والمعصية في السفر، فالعبد الآبق والناشزة والمسافر للمكس ونحوه ؛ عاص بالسفر، فالسفر نفسه معصية، والرخصة منوطة به ، أي معلقة به ومترتبة عليه ترتب المسبب على السبب، فلا تباح فيه الرخص، ومن سافر مباحا فشرب الخمر في سفره فهو عاص فيه أي مرتكب المعصية في السفر المباح، فنفس السفر ليس معصية ولا آثما به فتباح فيه الرخص لأنها منوطة بالسفر، وهو في نفسه مباح، ولهذا جاز المسح على الخف المغصوب، بخلاف المحرم، لأن الرخصة منوطة باللبس ، وهو للمحرم معصية، وفي المغصوب ليس معصية لذاته، أي لكونه لبسا، بل للاستيلاء على حق الغير، ولذا لو ترك اللبس لم تزل المعصية ، بخلاف المحرم. قاله السيوطي.


فعلم أن العاصي بسفره لا يستبيح شيئًا من رخص السفر، كالقصر والجمع والفطر والمسح ثلاثا، والتنقل على الراحلة، وترك الجمعة، وأكلالميتة. كذا قال السيوطي ، ثم قال : (بل طرد الاصطخري القاعدة في سائر الرخص فقال: إن العاصي بالإقامة لا يستبيح شيئا منها، لكن ذهب عامة أصحابنا إلى أنه يستبيحها ، وفرقوا بأن الإقامة نفسها ليست معصية ، لأنها كف ، وإنما الفعل الذي يوقعه في الإقامة معصية، بخلاف السفر فإنه في نفسه معصية).


ومن فروع القاعدة: ما لو استنجى بمطعوم أو محترم - أي له حرمة ـ كالذي كتب عليه اسم مُعَظَّم أو علم شرعي، لا يجزئه الاستنجاء في الأصح ؛ لأن الاقتصار على الحجر رخصة ، فلا يناط بمعصية .


ومنها : لو جُنَّ المرتد وجب قضاء عليه صلوات أيام الجنون أيضاً، بخلاف ما إذا حاضت المرتدة لا تقضي صلوات أيام الحيض؛ لأن سقوط القضاء عن الحائض عزيمة، وعن المجنون رخصة ، والمرتد ليس من أهل الرخصة.


ومنها: لو لبس المحرم الخُفَّ فليس له المسح ؛ لأن المعصية هنا في نفس اللبس ، ذكرها الإسنوي في ألغازه.


Posting Komentar

0 Komentar