Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Shalawat Ibrahimiyyah

salah satu lafadh shalawat yang terkenal adalah shalawat yang dikenal dengan Nama Shalawat Ibrahimiyah. Lafadh shalawat tersebut yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ 
بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِى العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ 

Artinya : Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. 

Shalawat ini adalah lafadh shalawat yang paling afdhal baik dari diantara shalawat yang warid dari Nabi maupun yang bukan. Karena inilah, shalawat ini yang dipilih dalam shalat karena hadits yang meriwayatkan shalat ini disepakati oleh para ulama ahli hadist sebagai hadits shahih.
 Shalawat ini diriwayatkan oleh Imam Muslim (no. 405), Imam Turmizi (no. 3220) Imam Nasai (1208) Ibnu Hibban (no. 1965) dll Sebagian para ulama mengatakan : “barang siapa membacanya 100 kali maka akan bermimpi dengan Rasulullah SAW”.
 Dalam shalawat ini, hanya selain nama Nabi Muhammad, hanya disebutkan nama Nabi Ibrahim as beserta keluarga beliau. Ini tak lain karena dalam al-quran sendiri, doa rahmat dan sejahtra yang disebutkan secara bersamaan hanya kepada Nabii Ibrahim as, yaitu dalam al-quran surat Hud ayat 73 :

 رَحْمَتُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ 
 “…Rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait (keluarga Nabi Ibrahim)! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah."

Referensi: 
  1. Afdhal Shalawat, Syeikh Yusuf an-Nabhany. Cet. Dar Kutub Islamiyah 
  2. Jamik Hadist, Imam as-Sayuthy 
  3. Hasyiah i`anatuth Thalibin. Jilid 1 cet. Haramain

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Shalawat Ibrahimiyyah