Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Download Kitab Fawaid Madaniyah Fi Man Yufta Bi Qaulihi min Aimmah Syafi`iyyah الفوائد المدنية فيمن يفتى بقوله من الأئمة الشافعية

Fawaid Madaniyah Fi Man Yufta Bi Qaulihi min Aimmah Syafi`iyyahSalah satu kitab yang penting untuk di baca bagi kalangan pelajar Mazhab Syafii adalah kitab Fawaid Madaniyah fi man yufta bi qaulihi min Mutaakhiri al-aimmah asy-Syafi`iyyah karangan Syeikh Sulaiman al-Kurdy (1127-1194 H/1715-1780 M).
Kitab Fawaid Madaniyah menerangkan bagaimana memahami perbedaan pendapat para ulama khususnya ulama muta`akhirin, sedikit tentang kelebihan Imam Syafii, kedudukan Imam Rafii dan Nawawi dalam Mazhab Syafii
, cobaan-cobaan yang menimpa Imam Ibnu Hajar al-Haitami, bagaimana menanggapi penolakan seorang ulama terhadap pendapat ulama yang lain, kebolehan mengutip pendapat dari kutub yang mu`tamad, urutan para Imam Mazhab yang harus di dahulukan ketika perjadi perbedaan pendapat dan kitab-kitab mereka, masalah beramal dengan pendapat dhaif, martabat Syeikhul Islam Zakaria al-Anshari, Ibnu Hajar, Imam Ramli dan Imam Khatib Syarbaini, juga di sebutkan beberapa masalah yang musykil dalam kitab Tuhfah dan Nihayah, masalah ifta` dan taqlid, masalah qaul qadim Imam Syafii dan hal-hal yang lain yang sangat di butuhkan oleh palajar Mazhab Syafii.

Kitab ini pernah di cetak pada tahun 1357 H/1938 M, namun dalam cetakan tersebut banyak kekurangan hal serupa juga terjadi pada cetakan 70 tahun selanjutnya, bahkan makin parah dengan adanya beberapa kalimat yang gugur dan beberapa kesalahan dalam penulisan.

Sebagian penulis mengira bahwa kitab Fawaid Madaniyah ini belum pernahh di cetak sama sekali, di antara penulis yang beranggapan demikian adalah DR. Akram Yusuf Umar al-Qawasimy dalam kitabnya al-Madkhal ila Mazhab Imam Syafii yang selesai beliau tulis untuk mengambil gelar doctor pada tahun 2002.

Kitab ini kemudian di ringkas oleh seorang ulama besar negri Malibar, India, Syeikh Ahmad Kuya bin Ali asy-Syaliaty al-Malibari (1302-1374 H/1884-1954 M) dengan nama kitab beliau Awaid Diniyah fi Talkhish Fawaid Madaniyah, tentang kitab ini pernah kami muat berita dan link donwloadnya dalam postingan kami Download Kitab Al-`Awaid Diniyah Fi Talkhish Fawaid Madaniyah

Sebelumnya kami telah mencoba untuk mencari kitab Fawaid Madaniyah baik dalam bentuk kitab asli maupun file scannya, namun kami hanya menemukan ringkasannya, hal tersebut sedikit mengobati keinginan hati untuk membaca kitab Fawaid Madaniyah.

Namun memiliki kitab Awaid Diniyah saja tanpa memiliki kitab asalnya terasa belum lengkap, karena itu kami selalu berusaha untuk mecari kitab Fawaid Madaniyah baik dalam bentuk kitab asli maupun file hasil scan.

Alhamdulillah, sekarang kitab Fawaid Madaniyah telah beredar filenya versi pdf hasil scan yang di cetak oleh percetakan dar Nur Shabah dan Jaffan Wa Jabi dengan tahun percetakan 2011 yang merupakan cetakan pertama.
Cetakan ini di tahqiq oleh Bassam Abdul Wahab al-Jaby, atas usaha keras pentahqiq akhirnya kitab ini bisa nikmati.
Nah bagi yang berminat memiliki file pdf kitab ini silahkan download langsung Disini atau langsung aja ke الفوائد المدنية فيمن يفتى بقوله من الأئمة الشافعية


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

4 komentar untuk Download Kitab Fawaid Madaniyah Fi Man Yufta Bi Qaulihi min Aimmah Syafi`iyyah الفوائد المدنية فيمن يفتى بقوله من الأئمة الشافعية

assalamualaikum LBM Mudi mesra..ada sedikit masukan ne..sebaik.a tolong kl untuk kitab yang bisa di download di page ini ada yang terjemahanlah..jadi kami yg tidak bisa membaca kitab arab nanti.a lebih mudah memahami.a..syukran..

wa`alaikum salam wr wb.

terima kasih atas kunjungan dan masukannya. Insya Allah kedepan kami usahakan ke arah saran saudara, namun untuk saat ini kami belum bisa meluangkan waktu untuk menerjemahkan kitab2 yang kami upload secara sempurna.

saya masuk link diatas mau download kitabnya yakni fawaidul madaniyah koq gak bisa... mohon bantuanya.. karena saya sangat membutuhkan kitab tsb..
terima kasih

barusan kami mencubanya dan alhamdulillah bisa di download..silahkan di cuba lagi...coba klik kata "di sini" yang kami sediakan di atas