Download Kitab Mafahim Yajibu An Tushahhah

Mafahim Yajibu An Tushahhah Karya Sayyid Muhammad Alwi al-Maliky
Sayyid Muhammad Alawi al-Maliky al-Hasani, sebuah nama yang tidak asing lagi di telinga kita. Seorang ulama Aswaja yang gigih mempertahankan aqidah Ahlus sunnah wal Jamaah di tengah-tengah kaum Wahabi di kota Makkah. Hidup dalam Negri Wahabi bukan tanpa rintangan, Pada tahun 80-an terjadi perselisihan besar antara beliau dan beberapa ulama Wahabi. Beliau dituduh menyebarkan bid'ah dan khurafat. Beliau kemudian dikucilkan hingga pernah mengungsi di Madinah selama bulan Ramadhan.

Persoalan itu kemudian meruncing, tetapi bisa dicari jalan tengah dengan melakukan klarifikasi. Waktu itu beliau berargumen dengan kuat saat berhadapan ulama yang juga mantan hakim agung Arab Saudi, Syaikh Sulaiman Al Mani'. Dialog itu direkomendasikan oleh Syaikh Abdul bin Baz, yang dikenal sebagai mufthi Kerajaan Arab Saudi waktu itu. Syaikh bin Baz sangat berseberangan dengan beliau.

Sayyid Muhamamd Alawi al-MalikiSyaikh Al Mani' kemudian menerbitkan dialognya itu dalam bentuk buku yang diberi judul Hiwar ma'al Maliki liraddi mungkaratihi wa dhalalatih (dialog dengan Maliki untuk Menolak Kemungkaran dan Kesesatannya). Syaikh Shaleh bin Abdul Aziz alu-Syaikh (alu Syeikh adalah gelar untuk keturunan Muhammad bin Abdul Wahab), kemudian juga menerbitkan buku yang berjudul Hadzihi Mafahimuna (inilah pemahaman kami) yang menghantam pemikiran beliau.
Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki pun tidak tinggal diam. Beliau juga menerbitkan buku yang tak kalah hebat dan populernya, dengan judul Mafahim Yajibu An Tushahhah (Pemahaman- pemahaman yang Harus Diluruskan).
Melalui kitab ini beliau membuktikan kesalahan doktrin-doktrin kaum wahabi dengan menggunakan dalil-dalil yang qath'I (pasti) serta argumentasi yang benar dan rasional bahkan dengan kadang beliau juga berargumen dengan kalam pendiri Wahabi sendiri, Muhammad bin Abdul Wahab. Mafahim Yajibu An Tushahhah membuka wawasan baru yang baru tentang hal-hal yang selama ini masih menjadi polemik dikalangan sebagian umat islam. Perbedaan pemahaman tentang masalah bid'ah, syafaat, tasawuf, dan tawasul, misalnya, tidak jarang meninggalkan menimbulkan pertentangan, permusuhan, bahkan saling mengkafirkan. Kitab ini telah mendapat sambutan tidak kurang dari empat puluh ulama dunia. Karya beliau yang satu ini memang diakui sebagai karya ilmiyah yang dapat dijadikan hujjah (alasan), burhan (dalil), dan bukti ajaran Islam yang benar.
Dalam kitab ini, beliau juga mengajak setiap Muslim untuk menghindari sikap mudah menjatuhkan penilaian terhadap sesama muslim dengan gelaran bid‟ah, musyrik, kafir dan sebutan-sebutan lainnya yang tidak bisa dengan mudah dituduhkan. Maka tepatlah kiranya jika dikatakan bahwa kitab mulia ini tergolong karya tulis yang paling baik dan bermutu dibidangnya pada masa ini.

Bagi yang ingin memiliki file PDF kitab ini silahkan di donwload di bawah ini terdiri dari dua jenis file pdf, yang pertama adalah cetakan Dar Kutub Ilmiyah, Libanon sedangkan yang kedua cetakan Dar Jawami’ Kalim, Kairo, Mesir.

Mafahim Yajibu An Tushahhah PDF Cetakan Dar Kutub Ilmiyah
Kitab Mafahim Jayibu An Tushahhah Format PDF Cetakan Dar Jawamik Kalim
Kitab Mafahim Yajibu An Tushahhah Format word

Post a Comment

3 Comments

  1. ada kitab terjemah bahasa indonesia ga yah ? beli dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk terjemahan kitab Mafahim, bisa di pesan pada pemilik akun fb dalam alamat ini :
      https://www.facebook.com/bukuaswaja.cinta
      beliau salah seorang yang mengabdi di haiah shafwah, sebuah perkumpulan alumni Sayyid Muhammad Alwi di Indonesia yang banyak menerbitkan dan menerjemahkan kitab2 beliau di Indonesia.

      Delete
  2. Saya enggak bisa download sbb ads

    ReplyDelete