Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Shalat sunat Rawatib

Shalat sunat rawatib
Salah satu shalat sunat adalah shalat sunat Rawatib. Pengertian Shalat sunnat Rawatib adalah shalat sunnat yang dilakuan mengiringi shalat fardhu baik sebelum (qabliyah) atau sesudahnya (ba`diyah). Shalat sunat rawatib tidak termasuk dalam shalat sunat yang di syariatkan untuk berjamaah. Namun bila di kerjakan secara berjamaah hukumnya sama dengan mengerjakan shalat tasbih secara berjamaah sebagaimana telah kami tuliskan dalam tulisan sebelumnya.

Di antara shalat sunat rawatib ada yang muakkad (tuntutannya lebih kuat)  dan ada pula yang ghairu muakkad. Adapun shalat sunat rawatib yang muakkad adalah :

  1. 2 rakaat sebelum shalat shubuh
  2. 2 rakaat sebelum dhuhur
  3. 2 rakaat sesudah dhuhur
  4. 2 rakaat sesudah maghrib
  5. 2 rakaat sesudah Isya


Adapun yang ghairu muakkad adalah :

  1. Menambahkan 2 rakaat sebelum dhuhur (jadi semuanya 4 rakaat, 2 rakaat sunat muakkad, 2 rakaat ghairu muakkad)
  2. Menambahkan 2 rakaat sesudah dhuhur.
  3. 4 rakaat sebelum shalat ashar
  4. 2 rakaat sebelum shalat magrib


shalat jumat sama hukumnya dengan shalat dhuhur, artinya sebelum dan sesudah shalat jumat juga di sunatkan mengerjakan shalat sunat rawatib.

waktu shalat sunat qabliyah adalah masuk waktu shalat fardhu. Sedangkan waktu shalat sunat ba`diyah adalah setelah waktunya adalah setelah mengerjakan shalat fardhu. Waktu shalat sunat qabliyah dan ba`diyah habisnya setelah habis waktu shalat fardhu. Maka mengerjakan shalat sunat qabliyah setelah shalat fardhu masih termasuk dalam tunai.

Untuk shalat sunat sebelum subuh (shalat sunat fajar) di sunatkan membaca surat al-kafirun dan al-Ikhlash sebagaimana dalam satu hadits. Dalam hadits yang lain di sebutkan sunat membaca surat al-Fil dan asy-Syarh (alam nasyrah). Faedah dari membaca dua surat ini dalam shalat sunat qabliyah shubuh adalah terjaga dari penyakit bawasir.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Shalat sunat Rawatib