Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Qadhiyah Muwajjahah dalam Ilmu Mantiq

Salah satu pembahasan dalam Ilmu Mantiq adalah Qadhiyah yang merupakan mabadi dari maqasid mantiq; tasdiq. Qadhiyah terdiri dari maudhu' dan mahmul. dalam kenyataannya bagi setiap nisbah nahmul kepada maudhu'nya ada kaifiyat masing-masing. Kaifiyat ni di namakan dengan Maddah qadhiyah. Sedangkan lafadh yang menunjuki kepada kaifiyat tersebut di istilahkan dengan jihat qadhiyah. Kaifiyat tersebut ada 4 ;
  1. Dharurah (wajib 'aqli)
  2. Dawam (kekal)
  3. Ithlaq (wujud)
  4. Imkan (mungkin)
Qadhiyah yang di sebutkan lafadh jihatnya di sebut dengan qadhiyah muwajjahah. Qadhiyah Muwajjah yang biasa di bahas oleh ulama mantiq ada 13 qadhiyah. Dari 13 tersebut ada yang murakkabah dan ada juga yang basithah. Pengertian Basithah adalah qadhiyah yang hakikatnya hanya menunjuki kepada ijab atau salab saja. Sedangkan Qadhiyah Murakkabah adalah qadhiyah yang hakikatnya terdiri dari dua; ijab dan salab.
Berikut ini tabel pembagian qadhiyah Muwajjah lengkap dengan ta'rif, contohnya masing baik dalam qadhiyah mujibah ataupun salibah beserta keterangannya apakah murakab atau basithah.


Bagi yang ingin mendengarkan audio pengajian kitab Mantiq Syarah Syamsiah silahkan di download di SINI (Maaf, hanya dalam bahasa Aceh). Untuk pengajian Syarah Syamsiah dalam bahasa Arab bisa di download SINI yang di asuh oleh Syeikh Bilal Najjar.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Qadhiyah Muwajjahah dalam Ilmu Mantiq