Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari, ulama sufi pengarang kitab nadham

Makam Syeikh al-Akhdhary di Aljazair
Makam Syeikh al-Akhdhary di Aljazair
Salah satu kitab yang menjadi pegangan wajib dalam mempelajari ilmu mantiq adalah Kitab Sulam Munawwaraq yang merupakan kitab berbentuk nadham yang menjadi panduan bagi para pemula ilmu mantiq. Kitab ini di karang oleh Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari.
Ada dua kitab Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari yang di jadikan kitab kurikulum di dayah-dayah di Aceh khususnya dan pesantren di Nusantara umumnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan biografi singkat Syeikh Abdur Rahman al-akhdhari yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Nama lengkap beliau adalah Abu Yazid Abdur Rahman bin Muhammad ash-Shughayyra bin Amir al-Akhdhari. Al-Akhdhari tersebut di nisbahkan kepada Al-Akhdhar, nama satu bukit di Aljazair. Dari pihak ayah, nasab beliau bersambung hingga salah satu shahabat Rasulullah SAW, al-Abbas bin Mirdas bin Abi Amir as-Sulami.

Terjadi perbedaan pendapat para ahli sejarah tentang tahun kelahiran Imam al-Akhdary. Menurut sebagian ahli sejarah beliau lahir di desa Benthious, Zab bagian barat, Aljazair tahun 910 H/1504 M dan wafat tahun 953 H/1546 M, pendapat yang lain mengatakan beliau lahir tahun 918 H/1512 M dan wafat tahun 953 H/1546 M. Namun kalau melihat keterangan beliau sendiri pada akhir kitab Matan Sulam Munawraq, di mana beliau mengatakan selesai mengarang kitab Matan sulam dalam usia 21 pada tahun 941 H maka dapat di simpulkan bahwa beliau lahir sekitar tahun 920 H. Beliau lahir dalam lingkungan keluarga yang berpegang teguh pada syara` dan membenci perbuatan yang menyalahi kitab dan sunnah. Bapak beliau merupakan seorang ulama yang mengarang hasyiah bagi kitab Sayyidi Jalil. Kakek beliau Syeikh Muhammad bin Amir juga seorang ulama tasawuf.

Beliau mengambil ilmu dari ayah beliau sendiri Muhammad ash-Shughayyar dan dari abang kandung beliau sendiri Syeikh Ahmad. Kemudian beliau belajar kepada para ulama lain dari daerah Zab, antara lain Syeikh Shufi Abdur Rahman bin Laqrun, Syeikh Abu Thaiyib, Syiekh Abdul Hadi al-Fathnasi, kemudian melanjutkan belajar beliau ke Propinsi Konstantin, aljazair dan mengambil ilmu dari Syeikh Umar bin Muhammad al-Kumad al-Anshari al-Qusanthy yang masyhur dikenal dengan nama al-Wazan.
Dalam usia muda beliau telah menguasai berbagai macam ilmu dan telah mengajarkan berbagai macam ilmu seperti Falak, Manthiq, Hisab, Balaghah, lughah, Nahwu, Tauhid, Fiqh, Faraidh dan tasawuf. Beliau menghabiskan masa beliau dalam mengajar dan menyebarkan ilmu selain juga menekuni beribadah kepada Allah. Dalam waktu-waktu tertentu beliau berkhalwat dengan memfokuskan diri untuk berzikir dan beribadah kepada Allah.
Beliau juga mengatur waktu untuk menulis kitab dalam berbagai macam disiplin ilmu. Murid-murid Imam al-Akhdhari berdatangan dari berbagai daerah. Beliau mengajarkan kitab-kitab yang beliau karang sendiri di hadapan para pelajar di kota Benthious, kota tempat makam beliau berada.
Selain itu Imam al-Akhdhari di kenal sebagai seorang ulama sufi yang mustajabah doanya. Imam Ahmad Damanhuri dalam syarah beliau atas matan Sulam, Idhah Mubham mengatakan bahwa “guru beliau mengabarkan dari para guru-gurunya bahwa pengarang (Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari) adalah salah seorang pembesar ulama sufi dan mustajabah doa”.
seperti doa beliau pada muqaddimah Matan Sulam, supaya Allah menjadikan kitab beliau tersebut bermanfaat bagi para pelajar dan menjadi jalan untuk memahami kitab-kitab mantiq yang lebih tinggi. Imam Ahmad Damanhuri mengatakan “sungguh Allah telah mengabulkan permiantaan beliau, setiap orang yang membaca kitab beliau ini dengan sungguh-sungguh, Allah bukakan baginya pemahaman dalam ilmu ini (ilmu mantiq) dan sungguh kami telah menyaksikan demikian”.

Kitab-kitab Karya Imam al-Akhdhari

Imam al-Akhdhari memulai menulis semenjak masa usia muda belia, beliau menulis nadham as-Siraj fil Falak dalam usia 17 tahun, nadham azahari al-Mathalib fi Astharlab dalam usia 20 tahun dan nadham Sulam Munawraq dalam usia 21 tahun sebagaimana beliau terangkan sendiri pada akhir nadham Sulam Munawraq. Nadham al-Qudsyah beliau karangan ketika berusia 24 tahun sedangkan nadham Jauhar Maknun beliau karang ketika beliau berusia 30 tahun.
Tulisan karya Imam al-Akhdhari terdiri dari berbagai macam ilmu, beliau memiliki karya tulis sebanyak 20 karangan dan bahkan ada yang mengatakan lebih dari 30 karangan baik yang masih ada saat ini maupun yang sudah tidak di temukan lagi saat ini.
Kebanyakan karya beliau berbentuk nadham atau ringkasan dari matan kitab lain yang lebih besar. Hal ini merupakan upaya beliau untuk mempermudah para pelajar menghafal berbagai macam masalah dalam setiap ilmu. Beliau juga mensyarah sendiri beberapa nadham yang beliau karang. Dalam kitabnya, beliau banyak menekankan kepada pendidikan akhlak, tawasuf bahkan ketika memberikan contoh-contoh tarkib dalam ilmu balaghah dalam kitab Jauhar Maknun berisi tentang ajaran-ajaran tasawuf dan akhlak. Hal ini menunjuki kesufian beliau sehingga terbawa dalam kata-kata beliau yang beliau bawakan sebagai contoh dalam tarkib kalam dalam ilmu balaghah. Ini juga merupakan upaya beliau dalam menanamkan nilai-nilai tasawuf dalam dada para murid beliau.
seperti contoh yang beliau bawakan dalam kitab Jauhar Maknun pada bab Isnad Khabari :
كقولنا لعالم ذي غفلة الذكر مفتاح لباب الحضرة
seperti perkatakan kita bagi orang alim yang lalai, zikir adalah kunci bagi pintu hadhrat.

pada bab Musnad Ileih beliau memberikan contoh:
كـحبذا طريقة الصوفية تهدي إلى المرتبة العلية
seperti “sebaik-baik jalan adalah jalan shufiyah, yang menunjuki jalan yang tinggi

وفصله يفيد قصر المسند عليه كـالصوفي هو المهتدي
fashal musnad ileh memberi faedah qashar musnad atasnya seperti “hanyalah orang shufi yang mendapat petunjuk”.

dll

Contoh-contoh ini memperlihatkan bahwa dalam celah-celah mengajar ilmu alat, beliau juga berusaha menanamkan nilai-nilai akhlak dan tawasuf kepada para murid-muridnya.

Diantara beberapa kitab karangan beliau adalah:
  1. Nadham Risalah fi ilm Hisab terdiri dari 117 bait, kitab ini telah di cetak beberapa kali, antara lain cetakan qahirah tahun 1369 H/1949 M dalam cetakan majmuk Muhimmat al-Mutun.
  2. ad-Durrah al-Baidhah fil Hisab wa al-Faraidh, terdiri dari 500 bait, terdiri dari tiga bagian, bagian pertama tentang maudhu` ilmu hisab, bagian kedua fiqh faraidh dan bagian ketiga cara pembagian tirkah. kitab ini juga telah di cetak beberapa kali antara lain cetakan Qahirah tahun 1309 H/1891 M dan juga pada tahun 1325 H/1907 M dengan di sertai syarahnya. Bagian kedua kitab ini pernah di syarah oleh Syiekh Muhammad Shadiq asy-Syathi, Syeikh Muhammad ad-Darnawi (w. 1199 H).
  3. Matn al-Kahdhari fi al-`ibadah, sebuah risalah dalam bidang fiqh ibadah berdasarkan mazhab Maliky. Kitab ini telah di cetak beberapa cetakan dan pernah di syarah oleh Abdul Lathif bin Musbih al-Murdasi al-Qusanthiny (w. 980 H/1572 M)
  4. Mandhumah al-qudsiyah, terdiri dari 357 bait, beliau karang tahun 944 H/1537 M. Kitab ini menerangkan tentang tasawuf, nasehat dan petunjuk agama dan akhlak. Nadham ini di syarah oleh banyak para ulama, antara lain oleh Syeikh Husen al-Wartalani (w. 1193 H/1778 M) dengan nama al-Kawakib al-`irfaniyah wa asy-Syawariq al-Ansiyah fi Syarh alfadh al-Qudtsiyah
  5. ar-Raihah fi Madh ar-Rasulillah terdiri dari 163 bait yang berisi pujian kepada Rasulullah SAW dan nasehat
  6. Qashidah al-Lamiyah fi Tasawuf wa al-Irsyad ad-Diny
  7. Nadham Jauhar Maknun fi Tsalatsati al-funun (Ma`ani, Bayan dan Badi`) terdiri dari 291 bait. kitab ini merupakan ringkasan dari kitab Talkhish fi Balaghah karangan Khatib Khazwaini sebagaimana beliau terangkan sendiri dalam bait jauhar maknun. Kitab ini sempat beliau beri syarah sendiri dalam satu syarah yang lebih besar dari kitab asalnya, Talkhish Khazwaini. ulama lain yang juga mensyarahnya adalah Syeikh Ibrahim bin Abi `ilaq az-Zabidy, Syeikh Ahmad Mubarakk al-Qusanthini, Ulama lain yang mensyarah kitab ini adalah Syeikh Ahmad Damanhuri, Syeikh al-Azhar ke 10 yang kemudian di beri hasyiah oleh Syeikh Makhluf bin Muhammad al-Badawi yang saat ini banyak di pakai di berbagai lembaga pendidikan di dunia. Kitab Nadham Jauhar Maknun bisa di download di SINI
  8. Matan Sulam Murawnaq fi ilm Mantiq terdiri dari 144 bait. Beliau juga mensyarah nadham ini yang saat ini di cetak pada bagian kedua setelah kitab Idhahul Mubham yang merupakan syarah Seikh Ahmad Damanhuri atas matan Sulam ini. Ulama lain yang ikut mensyarah kitab matan sulam adalah Syeikh Ibrahim al-Bajuri, Syeikh Muhammad al-Inbabi, Syeikh Muhammad at-Tafani, Syeikh Sa`id bin Ibrahim Qadurah, Syeikh al-Banani yang kemudian di beri hasyiah oleh syeikh Muhammad bin Abi Syuaib Bu`isyrin (w. 1364 H), Syeikh Muhammad ad-Dimyati (w. 1178 H), Syeikh Hasan Darwis al-Quwaisuni, juga di syarah oleh Saif Sunnah Syeikh Sa’id Faudah, ulama Jordania saat ini yang gigih mempertahankan aqidah Asyairah wal Maturidiyah. Nadham matan Sulam juga di beri tambahan nadham (tausyih) oleh Syeikh Abdu Salam sehingga jumlah nadhamnya menjadi 440 bait yang kemudian di syarah oleh Syeikh Muhammad Mahfudh bin Syeikh bin Fahaf dengan nama kitab beliau Raf`ul A`lam `ala Sulam al-Akhdhari. Kitab Matan Sulam Munawraq ini pernah di terjemahkan kedalam bahasa Perancis oleh Luciani. J.D. (1851-1932) seorang misionaris perancis dengan nama Le soullam Traite De Logique
  9. Mandhumah as-Siraj fi Ilm al-falak. Kitab ini di syarah oleh beberapa ulama, antara lain; Syeikh Abdul Aziz bin Ahmad bin Muslim al-Farisi, salah satu murid beliau sendiri, Syeikh Sahnun bin Usman al-Maidawi al-Wansyarisi dengan nama Mufid al-Muhtaj fi Syarh Siraj (di cetak tahun 1324 H/1906 M)
  10. Mandhumah Azhar fi Ilm bi al-astharlab sebuah nadham tentang alat ilmu falak astralabe.
  11. al-faraid al-Ghurra` fil Tauhid
  12. ad-Darratul Bagiyah fi Nahwi
  13. dll

Dalam beberapa nadhamnya, Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari meratapi keadaan masa itu yang sudah penuh dengan kejahilan dan kefasikan serta keadaan ilmu yang semakin yang kurang. Dalam nadham Sulam Munawraq beliau mengatakan :
لا سيما فى عاشر القرون ذى الجهل والفساد والفنون
terlebih lagi pada kurun ke sepuluh, yang penuh kebodohan, kerusakan dan kegilaan.

Dalam nadham al-Qudtsiyah beliau juga meratapi keadaan ilmu dan ahli ilmu pada masa itu:

هذا زمان كثرت فيه البدع واضطربت عليه امواج الخداع
وخمست شمس الهدى وافلت من بعد ما قد بزغت وكملت
والدين قد تهدمت اركانه والزور طبق الهوى دخانه

zaman ini adalah zaman yang banyak bid`ah, dan di goncang oleh gelombang tipuan
tertutuplah matahari petunjuk dan ia terbenam, setelah ia terbit dan sempurna
sungguh telah hancurlah tiang agama, asap kefasikan telah menutupi hawa

dan masih banyak nadham-nadham beliau yang menceritakan kerusakan zaman dan masa tersebut serta keadaan ilmu agama yang cahayanya semakin redup.

Sumber: di rangkum dari

  1. Kitab Abdur Rahman al-Akhdhari `Alim ash-Shufi allazi tafawwaqafi `ashrihi karangan Bunuriani ad-Daraji, Aljazair, Cet ke 2 tahun 2009, Bled edition.
  2. Idhahul Mubham fi Syarh Sulam, Syeikh Ahmad Damanhuri, Haramain
  3. Mu`jam al-Muallifin, Umar Ridha Kahalah, Beirut, Dar Ihya at-Turas al-Arabi, tt

Post a Comment

0 Comments