Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Adab-adab Sebelum Tidur ala Rasulullah SAW

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tentang Adab-adab tidur sehat ala Rasulullah yang kami kutib dari kitab “Muraqi Ubudiyyah” karangan Syaikh Muhammad Nawawi Al-jaawi pada halaman 41 cetakan haramain. Demikian Adab-adab tersebut :

  • فابسط فراشك مستقبل القبلة

Tidur dalam posisi menghadap kiblat

Semua kegiatan wajib, sunat, dan mubah disunatkan untuk menghadap kiblat, karena dengan menghadap kiblat kita bisa lebih fokus dalam akan Allah.

  • ونم على يمينك كما يضجع الميت في لحده

Tidur kesamping kanan seperti pembaringan mayat di dalam kubur

Manfaat tidur dalam bentuk ini dalah untuk membantu kita dalam mengingat mati dan bangunnya kita di ibaratkan seperti bangkitnya kita dari kubur, karena dengan mengingat mati dan hari kebangkitan  akan sedikit terbantu dalam menjauhi maksiat. Manfaat kesehatan juga sangat luar biasa jika tidur dalam keadaan ini, tidur kesamping kanan dapat menghindarkan kita dari hal-hal berikut:
  1. Tidur berdengkur dan jadi pelupa yang biasa di sebabkan oleh tidur terlentang, kenapa demikian? karena disaat kita tidur terlentang membuat lidah kita menghambat jalur pernafasan yang membuat geteran sehingga bersuara, dan juga karena saat kita tidur terlentang otak hafazah kita yang terhimpit yang lama kelamaan dapat membuat kita sering lupa.
  2. Serangan jantung yang biasa di sebabkan oleh tidur kesamping kiri, karena dengan tidur dalam posisi ini (kesamping kiri) jantung kita tidak leluasa di dalam memompa darah karena tertindih atau terhimpit dengan berat badan, yang membuat jantung tidak leluasa dalam memompa darah yang menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh ikut tidak normal, bahkan dengan tidak normalnya aliran darah keseluruh tubuh dapat mengundang penyakit-penyakit lain. 
  3. Sesak nafas dan gangguan pada paru-paru yang biasanya di sebabkan oleh tidur  terlungkup. Bahkan kita disunatkan untuk tidur diatas tangan kanan sebagai pengganti bantal dan juga sebagai ganti jam weker, karena disaat kita tidur diatas tangan kanan selama kurang lebih 2 atau 3 jam dapat menghambat aliran darah ketangan sehingga menyebabkan kebas. yang membuat kita cepat terbangun, kenapa harus cepat bangun? karena tidur banyak tidak baik bukan!


  • تنام على طهارة

Tidur dalam keadaan suci dari hadas kecil atau hadas besar

Manfaat tidur dalam keadaan suci agar kita terhindar dari godaan syaitan dan juga terhidar dari mimpi-mimpi buruk atau hal-hal yang tidak baik yang ada dalam tidur.

  • تكون وصيتك مكتوبة تحت وسادتك
Menuliskan pesan atau wasiat sebelum tidur dan meletakkannya di bawah bantal.

Menuliskan wasiat sebelum tidur sangat dianggap penting karena kita tidak tahu kapan nyawa akan dicabut, sehingga kelurga kita bisa tahu kepada siapa kita pernah berutang dan berbuat kesalahan, ada sebagian ulama berkata, "orang mati tanpa wasiat tidak akan pernah dibicarakan orang setelah matinya".


  • تنام تائباً من الذنوب مستغفراً عازماً على أن لا تعود إلى معصية

Bertaubat dari semua dosa dan kesalahan serta bertekat bulat untuk tidak lagi melakukannya. 

Bertaubat sebenarnya dianjurkan bukan hanya disaat kita ingin tidur tapi disetiap saat, Tentunya taubat yang dimaksudkan disini cara dan syarat-syaratnya seperti taubat yang telah dijelaskan pada tempat-tempat lain, karena siapa tahu kita meninggal saat tidur maka paling tidak kita meninggal dalam keadaan tanpa dosa.

  • لا تستجلب النوم تكلفاً

Jangan tidur sebelum benar-benar ngantuk

Salah satu pembodohan paling buruk di dunia adalah mengistirahatkan (tidur) pikiran yang cemerlang dan tubuh yang kuat sebelum benar-benar butuh kepada demikian.


  •  أعد عند النوم سواكك وطهورك

Membesihkan diri yang mencakupi dari bersugi, mencuci kaki, tangan dan mulut

Mencuci mulut, tangan, dan kaki sangat dianjurkan sebelum tidur karena kuman saat kita tidur dua kali lebih aktif dari saat kita terjaga lebih-lebih lagi kuman pada kulit.

  • وقل عند نومك الدعاء

Membaca doa tidur

Membaca doa–doa yang telah masyhur, sebenarnya doa dianjurkan kapan saja tapi setiap kali khatamah (penutup sesuatu) dari sesuatu pekerjaan sangat dianjurkan, salah satu khatamah adalah tidur, karena tidur adalah akhir atau penutup dari semua aktivitas kita. 

Demikianlah Adab-adab tidur yang diajarkan oleh Rasulullah. Pengalaman mengamalkan sunnah nabi dalam kehidupan sehari-hari selain menjadi “Ibadat” juga akan membuat kita “sehat”. Semoga Bermanfaat. Wallahua'lam.



Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Adab-adab Sebelum Tidur ala Rasulullah SAW