Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

10 Faktor Hawa yang Mengajak kepada Maksiat (Lanjutan)

tips melawan hawa nafsu


Beberapa Hari yang lalu kami telah membahas 10 faktor Nafsu dan perbedaanya dengan Hawa, 10 perkara yang menorong atau mengajak seseorang melakukan maksiat, Bagi yang belum tahu bisa membacanya di sini, sekarang kami akan melanjutkan dengan 10 Faktor Hawa, yang juga mengajak seseorang kepada kemaksiatan. Berikut ini rinciannya:

 الحسد
Kedengkian atau iri hati, dengan iri atau dengki kita ingin nikmat yang ada pada orang lain berpindah kepada kita, atau sekurang-kurangnya hilang dari orang tersebut, sehingga timbullah rasa ingin merealisasikan. Yang mana pastinya dengan berbuat zalim kepadanya.

  التجبر

Bertindak sewenang-wenang tanpa memikirkan perasaan, nasib atau hak orang lain dan tidak mau peduli terhadap keadaan.

العجب
Kagum kepada diri sendiri atau kepada apa yang telah dilakukan, terus melakukan sesuatu untuk  mendapat pujian orang lain. bagaimana tidak? kita sendiri dibuat heran, apalagi orang lain.

الكبر
Takabbur atau menolak kebenaran, merasa bangga dan juga tidak pernah mau menerima pendapat orang lain walau pendapat itu benar sekalipun.

 الغل
Dendam, perkara ini tentunya bisa membuat kita memikirkan untuk melakukan hal-hal buruk untuk membalaskan dendam tersebut.

المكر
Tipu daya muslihat, kita tentu mengetahui jika menipu untuk kali pertama  akan diikuti dengan kembali menipu untuk kali kedua yang menutupi kebohongan pertama dan begitu juga seterusnya.

 الوسوسة
Menghasud dan mengajak berbuat jahat seseorang agar mau mengikuti perbuatan yang tidak berguna dan dilarang agama, kita akan selalu berusaha untuk melakukannya walaupun dengan metode yang tidak baik.

 المخالفة في الأمر
 Menentang semua perintah agama yang seharusnya dilaksanakan, dipatuhi dan ditaati.

 سوء الظن
Selalu berburuk sangka terhadap apa saja dan siapa saja. Hal ini dengan sendirinya akan mengundang pikiran-pikiran negatif untuk perbuatan yang negatif pula tentunya.

 الجدال
Suka bertengkar dan berbantah-bantah, yang demikian juga akan menimbulkan dendam dan marah karena pertengkaran tersebut,  yang kemudian akan dilanjutkan dengan permusuhan.

Demikianlah 10 faktor Hawa yang selalu mengajak kita agar selalu melakukan hal-hal yang dilarang agama. Maka sudah sepantasnya untuk dijahui dengan cara mengetahui perkara-perkara tersebut, sehingga kita akan selamat dari Kemurkaan Sang Penguasa Hati, di dunia dan akhirat. Wallahua’lam.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk 10 Faktor Hawa yang Mengajak kepada Maksiat (Lanjutan)