Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Pentingnya Khauf Kepada Allah swt (Bagian 1)

pentingnya khauf kepada Allah swt
LbmMudi- Khauf adalah merasa takut, khawatir dan tidak aman dari siksa dari Allah swt. Dalam hal ini imam al-Ghazali (W.505 H) mengatakan dalam kitab Minhajul Abidin bahwa setiap makhluk Allah merasakan takut dari siksa Allah swt sekalipun mereka para Anbiya.

Berikut ini bentuk Khauf yang terjadi pada hamba-hamba Allah swt dan kita tidak akan merasakan aman dari siksaan Allah swt karena dosa.
  1. Iblis telah beribadah kepada Allah swt selama 80.000 tahun dan tidak pernah meninggalkannya satu waktupun, namun ia meninggalakan satu perintah yaitu enggan sujud kepada nabi Adam as, maka Allah menutup pintu rahmatnya serta melaknatnya hingga hari kiamat dan dijanjikan azab yang amat pedih di akhirat selama-lamanya.
  2. Rasulullah saw pernah melihat mlaikat Jibril as bergantung pada kain penutup ka’bah dengan berteriak ‘’Wahai tuhanku jangan engkau robahkan namaku dan jangan engkau ganti jasadku’’ 
  3. Nabi Adam as adalah nabi yang Allah ciptakan dan Allah memerintahkan para malaikat untuk sujud padanya, kemudian para malaikat membawanya ke dalam surga dan merasakan nikmat di dalamnya. Akan tetapi, saat nabi Adam as melakukan satu kesalahan (makan buah kuldi) maka Allah mencampakkanya ke dunia, beliau menangis sampai dua ratus tahun sampai diterima taubat oleh Allah swt.
  4. Nabi Nuh as yang telah berdakwah demi meninggigikan agama Allah swt dan menaggung segala kesukaran yang tidak pernah ditanggung oleh nabi sebelumnya tetapi ketika beliau mengucapkan satu kalimat yang tersalah yaitu :
 إِنَّ ابْنِي مِنْ أَهْلِي

‘’sesunguhnya anakku daripada keluargaku’’.

Maka Allah memperingatkannya dengan fiirmannya :

فَلاَ تَسْأَلْنِ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنِّي أَعِظُكَ أَن تَكُونَ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Artinya "Wahai Nuh ! jangan engkau minta kepadaku sesuatu yang tidak engkau ketahui dengannya , sesungguhnya aku memperingatkanmu engkau adalah orang-orang tidak mengetahui''.

Pada satu riwayat dijelaskan bahwa nabi Nuh as tidak mengangkat kapalanya setelah itu selama 40 tahun karena malu kepada Allah swt. Wallahua'lam.



Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Pentingnya Khauf Kepada Allah swt (Bagian 1)