Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Berhati-Hatilah Dengan Niatmu

Berhati-Hatilah Dengan NiatmuMari luruskan niat kita agar tercapai semua cita-cita yang ingin kita capai.

Bagi seorang pelajar niat adalah hal yang sangat penting dalam belajar , karena niat adalah pokok dari semua urusan, sebagiman sabda nabi SAW: ‘’susungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya ‘’ Hadis sahih .

Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW bersabda : ‘’Sangat banyak amalan dunia menjadi amalan akhirat (mendapat fahala) karena bagus niat dan pula sangat banyak amalan yang berbentuk amalan akhirat menjadi amalan dunia (tidak ada fahala) karena buruk niat’’.

Dalam belajar kita harus berniat untuk mendapatkan riza Allah, kebahagian akhirat, menguatkan agama, menghilangkan kebodohon diri kita dan kebodohan orang lain.

Syeh Burhanuddin Shahibul Hidayah berkata:
  • Kerusakan yang sangat besar adalah orang alim yang olok-olok.
  • Yang paling rusak adalah orang bodoh yang beribadat.
  • Kedua-duanya adalah fitnah yang sangat besar di dunia terutama bagi orang-orang yang mau mengikuti mareka dalam masalah Agama .
Dalam belajar kita harus berniat juga untuk mensyukuri nikmat akal dan sehat badan yang telah di berikan Allah kepada kita. Jangan sekali-kali kita meniatkan dalam belajar ilmu agama untuk mendapatkan kemegahan dunia dan mendapatkan perhatian dari orang-orang besar.

Muhammad ibnul hasan berkata ; Andaikan seluruh manusia menjadi budakku maka akan ku mardekakan mareka semuanya dan kubebaskan dari kekuasaan ku.

Mari kita doakan kepada Allah agar Allah menghidayahkan kepada kita keberkatan dan kebagusan niat dalam segala urusan terutama dalam belajar karena yang menentukan amalan kita di sisi Allah SWT adalah niat.

Referensi : Kitab Ta'limul Mutaallim Karangan Syeh Az-Zarnuji Halaman 10.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

1 komentar untuk Berhati-Hatilah Dengan Niatmu

abu, shalat dhuha dengan niat biar bisa bangun mesjid termasuk niat baik tidak abu?