Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Seberapa Tampan-kah Nabi Yusuf?

Seberapa Tampan-kah Nabi Yusuf
Allah swt menciptakan dua kecantikan. Satu kecantikan Allah berikan kepada nabi Muhammad saw, dan satu lagi dibagi dua. Setengahnya diberikan kepada seluruh umat manusia, dan setengahnya Allah berikan kepada nabi Yusuf as. Jadi kecantikan atau rupawan yang ada pada nabi yusuf as sebanding dengan kecantikan semua umat manusia. Dan gabungan keduanya baru sebanding dengan kecantikan nabi Muhammad saw.
Lalu kenapa yang terkenal punya wajah rupawan itu nabi yusuf as?  Karena tidak terbukanya hijab pada nabi muhammad, karena jika dibuka sungguh tidak akan sanggup mata memandang keelokan wajah beliau. Sehingga diriwayatkan bahwa orang-orang yang berada disekitar nabi muhammad akan bertambah ketampanan dan kecantikannya.

Yusuf adalah seorang nabi Allah karuniakan fisik yang menawan sehingga kecantikannya tidak ada tandingan pada waktu itu. Kecantikan beliau disaat berdampingan dengan orang lain yang jelek rupa, tidak membuat orang lain bertambah jelek akan tetapi menjadikan mereka elok. Inilah salah satu karunia Allah kepada beliau.

Berikut ini ciri-ciri fisik nabi yusuf as:
  1. Warna kulit putih.
  2. berwajah elok.
  3. ramut keriting.
  4. bermata besar
  5. postur sederhana
  6. dua lengan berisi
  7. dua betis berisi
  8. perut rata.
  9. hidung mancung.
  10. pusat kecil.
  11. pipi sebelah kana ada tahi lalat hitam, tahi itu menghiasi wajah
  12. di antara kedua matanya juga ada tahi lalat, membuat wajah bertambah cantik.
Kakek nabi yusuf adalah nabi ishak, orangnya elok rupawan dan ibu nabi ishak bernama Sarah juga merupakan salah satu wanita paling cantik sepanjang sejarah. Sebagian Ulama berkata:  Allah memberikan kecantikan kepada nabi yusuf. berkulit  bersih dan halus. Semua ini tidak diberi kepada orang lain. Sebagian Ulama lain mengatakan: kecantikan sarah diwarisi dari neneknya yaitu hawa istri nabi Adam as. Wallahua'lam.

Referensi: Sirajut Thalibin, hal 161

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

1 komentar untuk Seberapa Tampan-kah Nabi Yusuf?