Cara Mudah Menghitung Haidh

Deskripsi Masalah :

Haid adalah darah yang keluar dari rahim perempuan melalui vagina, minimal umur seorang wanita yang sudah mengeluarkan darah haid adalah 9 tahun ( Tahun Qamariah ). Haidh yang keluar kadang -kadang sehari 3 jam misalnya, lalu keluar lagi dihari berikutnya.

Pertanyaan :

Bagaimana cara mengetahui batas minimal dan maksimal keluar darah yang dikategorikan dalam darah haidh ?

Jawaban :

1. Batas Minimal Haidh

Minimal waktu haid adalah sehari semalam ( 24 Jam ) dengan ketentuan darah tersebut keluar secara ittisal ( terus menerus ), maksud ittisal disini jika seandainya dimasukkan kapas kedalam vagina maka kapas itu akan kotor dengan darah, bukan maksud ittisal disini adalah darah tersebut mesti keluar banyak sehingga perlu dicuci.

2. Batas Maksimal Haidh

Maksimal waktu haid adalah 15 hari dan 15 malam ( 360 jam ), tidak ada ketentuan harus ittisal pada poin ini , boleh ittisal boleh tidak, akan tetapi jika darah tersebut keluar tidak ittisal maka masa yang keluar haid dalam jangka 360 jam harus ada minimal 24 jam saat dijumlahkan.

Misalnya : Keluar darah tanggal 1 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 6 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 11 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 14 adalah 9 jam lalu bersih, maka ini adalah darah haid karena saat dijumlahkan hasilnya 24 jam darah keluar dalam kurun waktu 15 hari.

jika darah yang keluar tidak ittisal ( dalam jangka 360 jam ) tidak mencapai batas minimal ( 24 jam )maka ini bukan darah haid tetapi darah fasid.

Misalnya : Keluar darah tanggal 1 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 6 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 11 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 15 adalah 5 jam lalu bersih, maka ini bukan darah haid karena saat dijumlahkan hasilnya 20 jam darah keluar dalam kurun waktu 15 hari.

Referensi :


(باب الحيض) وما يذكر معه من الاستحاضة والنفاس (أقل سنه تسع سنين) قمرية تقريبا، فلو رأت الدم قبل تمام التسع بما لا يسع
حيضا وطهرا فهو حيض، أو بما يسعهما فلا. (وأقله) زمنا (يوم وليلة) أي قدر ذلك متصلا كما يؤخذ ذلك من مسألة تأتي آخر الباب. (وأكثره خمسة عشر) يوما (بلياليها) وإن لم يتصل أخذا من المسألة الآتية، وغالبه ستة أو سبعة كل ذلك بالاستقراء من الإمام الشافعي - رضي الله عنه - (وأقل طهر بين الحيضتين) زمنا (خمسة عشر) يوما لأن الشهر لا يخلو عادة عن حيض وطهر، وإذا كان أكثر الحيض خمسة عشر يوما لزم أن يكون أقل الطهر كذلك

Kanzu al-Raghibin syarah Minhaj Hal 99 Juz 1 Cet Dar Ihya.


(قوله: وأقله) أي الحيض.
وقوله: يوم وليلة أي قدرهما مع اتصال الحيض، وهو أربع وعشرون ساعة.
والمراد بالاتصال أن يكون نحو القطنة بحيث لو أدخل تلوث، وإن لم يخرج الدم إلى ما يجب غسله في الاستنجاء.
(قوله: وأكثره) أي الحيض.
وقوله: خمسة عشر يوما أي بلياليها، وإن لم يتصل، لكن بشرط أن تكون أوقات الدماء مجموعها أربع وعشرون ساعة فإن لم يبلغ مجموعها ما ذكر كأن دم فساد، وهو مع نقاء تخلله حيض،

Ianatutthalibin Hasyiah Fathul Muin Hal 72 Juz 1 Cet Haramain.

Post a Comment

0 Comments