Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Fungsi Ilmu


Ilmu pengetahuan merupakan salah satu sarana bagi kita umat manusia untuk bisa menjalani kehidupan di permukaan bumi ini. Ilmu pengetahuan ditinjau dari kegunaannya terbagi dua, ada yang berguna hanya di dunia saja, dan ada ilmu selain berguna di dunia juga bermanfa’at di kehidupan selanjutnya yaitu negeri akhirat yang kekal.


Nah, oleh karena itu perlu bagi kita untuk mempelajari apa saja yang berkaitan dengan cara kita menjalani kehidupan atau dalam istilah dayah dikatakan dengan ilmu hal, baik ilmu hal tersebut berdasarkan berdasarkan pembagian ilmu yang pertama atau pun yang kedua yaitu ilmu yang menuntun kita ke tujuan yang sebenarnya.

Namun dalam hal ini, perlu kita ketahui bahwa ilmu yang kita butuhkan sebagai bekal untuk pulang ke negeri yang kekal mesti tetap dalam hati kita masing-masing agar dapat kita amalkan dengan tulus dan ikhlas. Karena ilmu agama hanya akan bertempat dan tetap di dalam hati yang kosong dari keburukan, karena hati yang kosong dari sifat tercela dan kehinaan akan memudahkan proses masuk dan menetapnya ilmu dalam hati seseorang. Maka sepintar apapun seseorang jika dalam hatinya dipenuhi dengan kebencian dan sifat-sifat tercela, tidak akan bersarang dan akan mudah hilang ilmu agama dari hatinya.

Referensi: Kitab Al-Jauhar Al-Maknun, Cetakan Al-Haramain, Halaman 11:

انّ العلم لا يستقرّ ولا يثبت الاّ في القلب تخلى عن الرذائل لمصادفته قلب خاليّا فيتمكّن, فانّ الحكمة اذا لم تجد القلب كذالك فانّها ترجع من حيث اتتْ.


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Fungsi Ilmu