Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Usaha Hamba Tidak Berpengaruh Tanpa Qudrah dan Iradah ALLAH


Tulisan ini hadir ke hadapan para pengunjung setia website Lajnah Bahtsul Masail MUDI, karena mengingat fenomena yang terjadi dikalangan masyarakat kita saat ini bahwa ada sebahagian kalangan yang meyakini bahwa manusia memiliki otoritas mutlak untuk mengubah nasib mereka sendiri tanpa butuh kepada pertolongan allah SWT, atau mereka beranggapan bahwa qudrah dan iradah Allah tidak berlaku dalam penentuan nasib seseorang. Mereka menjadikan surat al-ra’du : 11 sebagai dalil yang memperkuat statemen mereka.

Nah, disini kami ingin memberikan sedikit jawaban yang mudah-mudahan bisa menjadi oase di tengah padang pasir bagi para pembaca sekalian. 

Terkait dengan surat al-ra’du :11, yang berbunyi:
إنَّ الله لا يُغيِّر ما بقومٍ حتى يغيروا ما بأنفسهم
Artinya: “sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”. (Q.S. al-ra’du :11)

Para ulama tafsir menjelaskan bahwa maksud dari keadaan disini adalah nikmat. Artinya, allah tidak akan mencabut nikmat dari suatu kaum sehingga mereka mencabutnya sendiri dengan bermaksiat kepada allah SWT. Sebagaimana termaktub dalam kitab tafsir al-wajiz;
 إنَّ الله لا يُغيِّر ما بقومٍ حتى يغيروا ما بأنفسهم }لا يسلب قوماً نعمةً حتى يعملوا بمعاصيه
Artinya: {sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri}, (maksudnya) Allah tidak akan mencabut nikmat dari suatu kaum, sehingga mereka berbuat maksiat kepada allah.

Lebih lanjut, syeikh ibrahim al-laqqany di dalam kitab beliau, matan al-jauharah menegaskan bahwa “menurut pendapat Ahlu sunnah waljama’ah, manusia sebagai hamba Allah, diwajibkan untuk berusaha. Akan tetapi usaha seorang hamba tidak akan memberi efek apapun tanpa qudrah dan iradah allah SWT”. 

Secara logika, seandainya kita meyakini bahwa usaha manusia itu menjadi sebab adanya hasil, maka sungguh tidak ada orang yang gagal di dunia ini. Namun pada kenyataannya, terlalu banyak orang yang berusaha dengan maksimal, akan tetapi mereka tidak memperoleh hasil yang maksimal atau bahkan ada pula yang tidak memperoleh hasil sama sekali.




Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

3 komentar untuk Usaha Hamba Tidak Berpengaruh Tanpa Qudrah dan Iradah ALLAH

Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. Terimakasih telah membuka pemahaman saya

Akhirnya terjawab juga pertanyaan yang selama ini menggantung. Terimakasih pak Ustad atas pemahamannya