Hikmah Dan Kelebihan Di Balik Shalat Jamaah

Sholat jamaah merupakan satu amaliah fardhu kifayah di lakukan yakni akan terlepas tanggungan (dosa) yang lain di saat telah di lakukan oleh sebahagian, berkata Almanawi dalam kitab ianatuttalibin juz 2:

Hikmah di balik anjuran sholat jamaah terdirinya sifat kelembutan diantara mushallin (orang orang sholat) karena demikianlah di syariatkan jamaah di mesjid mesjid supaya hasil kasih sayang di antara mereka (tetangga) yang berjumpa di saat hendak shalat,dan untuk mengetahui orang awam dari yang alim tentang hukum hukum dan tata cara beribadat.

Banyak hadist hadist yang mengutarakan kelebihan berjamaah di bandingkan shalat sendirian diantaranya hadis riwayat at-Tibrani: Siapa saja yang berjalan kepada sholat maktubah (kondisi jamaah) maka memliki kelebihan seperti haji, siapa saja yang berjamaah untuk shalat sunat maka balasannya seperti sedang melakukan amalan umrah.

Ada juga hadist riwayat At turmidzi dari Anas RA: Siapa saja yang sholat empat puluh hari dalam kondisi berjamaah dan memperdapatkan takbir bserta imam makan seseorang tersebut akan memperoleh dua kelepasan yakni kelepasan neraka dan kemunafikan.

Ianatuttalibin jilid 2 hal 1 cet Haramain
قال المناوي: وحكمة مشروعيتها: قيام نظام الألفة بين المصلين، ولذا شرعت المساجد في المحال ليحصل التعاهد باللقاء في أوقات الصلاة بين الجيران، ولأنه قد يعلم الجاهل من العالم ما يجهله من أحكامها، ولأن مراتب الناس متفاوتة في العبادة، فتعود بركة الكامل على الناقص، فتكمل صلاة الجميع.اه. وقد ورد في فضلها أحاديث كثيرة، منها: الخبر المتفق عليه الآتي، ومنها: ما رواه الطبراني عن أنس: من مشى إلى صلاة مكتوبة في الجماعة: فهي كحجة، ومن مشى إلى الصلاة تطوع: فهي كعمرة نافلة. ومنها: ما رواه الترمذي عن أنس أيضا: من صلى أربعين يوما في جماعة يدرك التكبيرة الأولى كتب له براءتان، براءة من النار، وبراءة من النفاق.



Post a Comment

0 Comments