Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Cara Menjaga Alquran Yang Berceceran Di Jalan

Deskripsi Masalah:
Warga Toboali, Bangka Selatan, pada Selasa (14/2/2017) tengah malam, dihebohkan dengan temuan selembaran sobekan bertuliskan ayat suci Al Quran yang tersebar di sepanjang jalan Desa Gadung hingga Simpang Ampera, Kecamatan Toboali.

Potongan kertas Al Quran tersebut tersebar sepanjang jalan raya di Toboali, dengan kondisi lusuh telah terpotong potong dan basah karena terkena air hujan. Kejadian seperti bukan untuk pertama kalinya terjadi di tanah air. Miris hati ini bila melihat hal demikian yang justru terjadi di Negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Pertanyaan.

Bagaimanakah seharusnya sikap kita seorang muslim terhadap lembaran Al Qur'an yang berceceran di jalan guna menjaga kemuliaan kalam Ilahi tersebut agar tidak direndahkan.??

Jawab:

Dalam Mazhab Syafi'i bila terdapat lembaran yang bertuliskan kalam ilahi berceceran di jalan, langkah yang harus dilakukan adalah lembaran tersebut dicuci bersih dengan air dan disimpan ditempat yang aman dari sikap merendahkan atau lembaran tersebut dibakar, tidak boleh disobek-sobek karena akan menghina kalam Allah tersebut.




Referensi: Bujairimi 'ala khatib Juz 1 Hal 372

وَقَدْ قَالَ ابْنُ عَبْدِ السَّلَامِ: مَنْ وَجَدَ وَرَقَةً فِيهَا الْبَسْمَلَةُ وَنَحْوُهَا لَا يَجْعَلْهَا فِي شِقٍّ وَلَا غَيْرِهِ؛ لِأَنَّهَا قَدْ تَسْقُطُ فَتُوطَأُ وَطَرِيقُهُ أَنْ يَغْسِلَهَا بِالْمَاءِ أَوْ يُحْرِقَهَا بِالنَّارِ صِيَانَةً لِاسْمِ اللَّهِ تَعَالَى عَنْ تَعَرُّضِهِ لِلِامْتِهَانِ شَرْحُ الرَّوْضِ، وَإِذَا تَيَسَّرَ الْغَسْلُ وَلَمْ يَخْشَ وُقُوعَ الْغُسَالَةِ عَلَى الْأَرْضِ فَهُوَ أَوْلَى، وَإِلَّا فَالتَّحْرِيقُ أَوْلَى، وَلَا يَجُوزُ تَمْزِيقُ الْوَرَقِ لِمَا فِيهِ مِنْ تَقْطِيعِ الْحُرُوفِ وَتَفْرِيقِ الْكَلِمِ، وَفِي ذَلِكَ إزْرَاءٌ بِالْمَكْتُوبِ.

Pengertian Syariat, Tariqat Dan Haqikat [Abu Syaikh Hasanoel Basri HG]



Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Cara Menjaga Alquran Yang Berceceran Di Jalan