AIBKAH JIKA SUAMI MENGALAMI EJAKULASI DINI?

Deskripsi :

Saat ini sangat banyak perceraian yang terjadi bukan karena kemiskinan dan ketidak cukupan dalam rumah tangga, melainkan karena hubungan pribadi antara suami istri yang tidak sesuai harapan. Seperti istri merasa tidak puas karena penyakit impoten, ejakulasi dini dan lain sebagainya yang dialami oleh suami.
Ternyata yang menjadi tolak ukur kebahagiaan dalam sebuah rumah tangga bukan hanya pada harta semata, tetapi kenyamanan juga merupakan suatu hal yang sangat menentukan tentramnya sebuah rumah tangga. Termasuk juga hubungan yang dijalani oleh setiap pasangan suami istri.
Dalam konteks fiqih, ejakulasi dini biasa disebut dengan istilah ‘idzyauth atau juga 'adzwath yaitu orang yang air maninya keluar lebih dahulu sebelum pertemuan dua alat kelamin, sehingga sang istri tidak dapat merasakan ni’mat bersetubuh. Ejakulasi dini merupakan fenomena psikologis. Ejakulasi dini merupakan ketidak sempurnaan yang bisa menimpa lelaki manapun semenjak dahulu kala.  Ejakulasi dini bukanlah penyakit baru. Hanya istilahnya saja yang kini sering terdengar agak lebih keren.

Pertanyaan :

Bagaimana pandangan syara’ tentang ejakulasi dini? Apakah ejakulasi dini tergolong ke dalam salah satu ‘aib dalam pernikahan, sehingga boleh dijadikan sebagai alasan oleh istri untuk mengajukan cerai (fasakh nikah)?

Jawaban :
1.    Dalam pandangan islam berdasarkan pendapat yang mu’tamad ejakulasi dini bukanlah merupakan aib yang membolehkan istri untuk mengajukan cerai (fasakh).
Dalam kitab Tuhfatul Muhtaj diterangkan bahwa mereka yang terbiasa dengan ejakulasi dini haruslah berusaha untuk menjadi lebih baik. Karena pada hakikatnya ejakulasi dini adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Entah dengan berolah raga ataupun mengatur pola makan dan lain sebagainya. Dengan demikian keutuhan rumah tangga masih layak dan bisa dipertahankan.

2.    Berbeda dengan kasus impoten ('unnah) sebagai penyakit yang sangat susah sekali disembuhkan
(ุงู„ู…ุฑุถ ุงู„ู…ุฃูŠูˆุณ ู…ู†ู‡ ุฒูˆุงู„ู‡ ) maka bagi seorang perempuan berhak mengundurkan diri sebagai seorang istri. Artinya jika ternyata seorang suami terbukti impoten (maksudnya impoten yang terjadi pada awalnya) maka seorang istri berhak memilih antara meneruskan perkawinannya atau membatalkannya. Akan tetapi ada baiknya bagi istri bersabar barang setahun barangkali ada sebab gangguan psikologis dari organ lain yang diharapkan bisa sembuh. Akan tetapi jika antara suami istri tersebut telah pernah bersetubuh walau hanya sekali, maka tidak dibolehkan lagi untuk mengajukan cerai (fasakh).


Referensi :
Kitab Tuhfahtul Muhtaj, Jilid 7, Halaman 406, Cet, Darul Fikri

ูˆุฎุฑุฌ ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุฎู…ุณุฉ ุบูŠุฑู‡ุง ูƒุงู„ุนุฐูŠูˆุท ุจูƒุณุฑ ุฃูˆู„ู‡ ุงู„ู…ู‡ู…ู„ ูˆุณูƒูˆู† ุซุงู†ูŠู‡ ุงู„ู…ุนุฌู… ูˆูุชุญ ุงู„ุชุญุชูŠุฉ ูˆุถู…ู‡ุง ูˆูŠู‚ุงู„ ุนุฐูˆุท ูƒุนุชูˆุฑ، ูˆู‡ูˆ ููŠู‡ู…ุง ู…ู† ูŠุญุฏุซ ุนู†ุฏ ุงู„ุฌู…ุงุน ูˆููŠู‡ ู…ู† ูŠู†ุฒู„ ู‚ุจู„ ุงู„ุฅูŠู„ุงุฌ ูู„ุง ุฎูŠุงุฑ ุจู‡ ู…ุทู„ู‚ุง ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุนุชู…ุฏ ูˆุณูƒูˆุชู‡ู…ุง ููŠ ู…ูˆุถุน ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ู…ุฑุถ ุงู„ู…ุฃูŠูˆุณ ู…ู† ุฒูˆุงู„ู‡ ูˆู„ุง ูŠู…ูƒู† ู…ุนู‡ ุงู„ุฌู…ุงุน ููŠ ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุนู†ุฉ ูˆุฅู†ู…ุง ู‡ูˆ ู„ูƒูˆู† ุฐู„ูƒ ู…ู† ุทุฑู‚ ุงู„ุนู†ุฉ ูู„ูŠุณ ู‚ุณู…ุง ุฎุงุฑุฌุง ุนู†ู‡ุง ูˆู†ู‚ู„ู‡ู…ุง ุนู† ุงู„ู…ุงูˆุฑุฏูŠ ุฃู† ุงู„ู…ุณุชุฃุฌุฑุฉ ุงู„ุนูŠู† ูƒุฐู„ูƒ ุถุนูŠู ู„ูƒู† ู„ุง ู†ูู‚ุฉ ู„ู‡ุง ุณูŠุฃุชูŠ ุงู„ูุณุฎ ุจุงู„ุฑู‚ ูˆุงู„ุฅุนุณุงุฑ ูˆู„ุง ูŠุดูƒู„ ุซุจูˆุช ุงู„ุฎูŠุงุฑ ุจู…ุง ุฐูƒุฑ ู…ุน ู…ุง ู…ุฑ ุฃู†ู‡ ุดุฑุท ู„ู„ูƒูุงุกุฉ ูˆุฃู† ุดุฑุท ุงู„ูุณุฎ ุงู„ุฌู‡ู„ ุจู‡ ู„ุฃู† ุงู„ูุฑุถ ุฃู†ู‡ุง ุฃุฐู†ุช ููŠ ุงู„ู†ูƒุงุญ ู…ู† ู…ุนูŠู† ุฃูˆ ู…ู† ุบูŠุฑ ูƒูุค ูุฒูˆุฌู‡ุง ุงู„ูˆู„ูŠ ู…ู†ู‡ ุจู†ุงุก ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ุณู„ูŠู… ูุฅุฐุง ู‡ูˆ ู…ุนูŠุจ ููŠุตุญ ุงู„ู†ูƒุงุญ ูˆุชุชุฎูŠุฑ ู‡ูŠ ูˆูƒุฐุง ู‡ูˆ ูƒู…ุง ูŠุฃุชูŠ (ูˆู‚ูŠู„ ุฅู† ูˆุฌุฏ) ุฃุญุฏู‡ู…ุง (ุจู‡) ุฃูŠ ุงู„ุขุฎุฑ (ู…ุซู„ ุนูŠุจู‡) ู‚ุฏุฑุง ูˆู…ุญู„ุง ูˆูุญุดุง (ูู„ุง) ุฎูŠุงุฑ ู„ุชุณุงูˆูŠู‡ู…ุง ุญูŠู†ุฆุฐ ูˆุงู„ุฃุตุญ ุฃู†ู‡ ูŠุชุฎูŠุฑ ูˆุฅู† ูƒุงู† ู…ุง ุจู‡ ุฃูุญุด ู„ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ูŠุนุงู ู…ู† ุบูŠุฑู‡ ู…ุง ู„ุง ูŠุนุงู ู…ู† ู†ูุณู‡ ูˆุงู„ูƒู„ุงู… ููŠ ุบูŠุฑ ุงู„ู…ุฌู†ูˆู†ูŠู† ุงู„ู…ุทุจู‚ ุฌู†ูˆู†ู‡ู…ุง ู„ุชุนุฐุฑ ุงู„ูุณุฎ ุญูŠู†ุฆุฐ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ู…ุฌุจูˆุจุง ุจุงู„ุจุงุก ูˆู‡ูŠ ุฑุชู‚ุงุก ูุทุฑูŠู‚ุงู† ู„ู… ูŠุฑุฌุญุง ู…ู†ู‡ู…ุง ุดูŠุฆุง ูˆุงู„ุฐูŠ ุงุนุชู…ุฏู‡ ุงู„ุฃุฐุฑุนูŠ ูˆุงู„ุฒุฑูƒุดูŠ ุฃู†ู‡ ู„ุง ุฎูŠุงุฑ ูˆู‡ูˆ ุฃูˆุฌู‡ ู…ู† ุงุนุชู…ุงุฏ ุบูŠุฑู‡ู…ุง ุซุจูˆุชู‡.



Post a Comment

2 Comments

  1. ada doa mengenai ejakulasi dini menurut islam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya doa untuk menghindari ejakulasi dini?
      penanganan masalah ini sebagaiknya di tanyakan kepada ahlinya...

      Delete