Download Kitab Hasyiah Tarmasi Mauhibah Zil Fahdal

Hasyiah Tarmasi Mauhibah Zil FahdalSalah seorang ulama Nusantara yang produktif dalam menulis adalah Syeikh Muhamamd Mahfudh at-Tarmasi al-Jawy (1285- 1338 H). Beliau sempat berguru kepada Syeikh Sayyid Abi Bakar Syatha (wafat 1310 H), pengarang kitab Hasyiah i`anatuth Thalibin yang sangat terkenal. kitab Hasyiah Tarmasi merupakan salah satu karya besar beliau ulama kelahiran Termas, Jawa Tengah ini. Kitab ini merupakan syarah atas kitab Manhaj Al-Qawim karangan Imam Besar Syaikhul Islam Ibnu Hajar al-Haitami. Manhaj al-Qawim merupakan syarah atas kitab Muqaddimah Hadhramiyah.

Asal kitab ini adalah kitab Muqaddimah Hadhramiyah atau nama lainnya adalah Masail at-Ta`lim yang di tulis oleh seorang ulama asal Hadhramaut Syeikh Abdullah bin Abdur Rahman Bafadhal al-Hadhramy (850-918 H) kitab ini hanya sampai pada bab Udhhiyah. Kemudian kitab ini di syarah oleh Syaikhul Islam Ibnu Hajar al-Haitami (909-973 H) dengan nama al-Manhaj al-Qawim bi Syarh Masail Ta`lim.

Syarah Ibnu Hajar ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para ulama lain, sehingga banyak para ulama yang menaruh perhatian terhadap syarah beliau ini dengan memberi hasyiah, di antaranya adalah:
1. Syeikh Sulaiman Kurdy dengan tiga hasyiah beliau; al-Mawahib al-Madaniyah (Hawasyi Kubra), al-Qaul al-Fash `ala Syarh Muqaddimah Bafadhal (Hawasyi al-Wustha) dan Hawasyi al-Madaniyah (Hasyiah Sughra).Hasyiah Sughra ini di beri komentar oleh Syeih Muhamamd bin Hadi as-Saqqaf (w. 1382 H) dan di ringkas kembali oleh ulama asal India Syeikh Ahmad Syaliati al-Malibary (w. 1374 H) dengan nama kitab beliau al-Fawaid ad-Diniyah fi Talkhis al-Hawasy al-Madaniyah.
2. Syeikh Ahmad bin Muhammad al-Baqiny al-Nabilisy (w.1195 H)
3. Syeikh Najmuddin Husein bin Ali bin Hasan Faris al-`Isyary (w. 1200 H)
4. Syeikh Zainuddid Abi Khair Abdur Rahman bin Abdullah as-Suwaidy (w. 1200 H)
5. Syeikh Abdullah bin Sulaiman al-Jarhazy (w. 1201 H)
6. Syeikh Shaleh Bafadhal bin Muhammad bin Abdullah Bafadhal (w. 1333 H)
7. Syeikh Muhammad Mahfudh bin Abdullah at-Tarmasi (1338 H) yaitu kitab yang sedang kita bicarakan.

Selain Syeikhul Islam Ibnu Hajar, kitab Masail ta`lim juga di syarah oleh beberapa ulama lain seperti ; Imam Syamsuddin Muhammad Ahmad Ramly (w. 1004 H) dengan nama kitab beliau al-fawaid al-Mardhiyah, syeikh Abdul Qadir al-Ghanimy, syeikh Muhammad bin `Uqaib, syeikh Sa`id Muhammad ba`atsan al-Hadhramy dengan nama kitab beliau Busyra Karim fi Syarh Masail at-ta`lim, syeikh Muhammad bin Abdullah Basudan (w. 1281 H), syeikh Salim bin Abdur Rahman Bashahy asy-Syabamy (w.1336 H) dan Syeikh Muhammad bin Ali Zakin Bahanan al-Hadhrami (w. 1383 H).

Kitab Hasyiah at-Tarmasi mulai di cetak pertama sekali pada masa hidup Syeikh Mahfudh dengan seizing beliau tahun 1326 H oleh percetakan Mathba`ah Amirah Syarqiyah di Mesir yang terdiri dari 4 jilid tepatnya di cetak pada hamisy kitab al-Mawahib Saniyah karangan Syeikh Sulaiman Kurdy.

Setelah di cetak, Syeikh Mahfudh Termas sebagaimana beliau jelaskan sendiri pada permualaan bab bai` dalam kitab tersebut, menemukan niskhah kitab Manhaj al-qawim yang telah ada takmilah dari bab bai` hingga bab Faraidh. Maka beliau segera menulis Hasyiah bagi takmilah tersebut. Karena itu tepat pada permulaan Bab Ba`i kita akan dapati Syeikh Mahfudh Termas memulai bab Bai` dengan Basmalah dan Hamdalah dan sedikit penjelasan tentang penemuan beliau terhadap takmilah tersebut. Kitab ini sebenarnya beliau namai dengan dua buah nama, pertama; Mauhibah Zil Fadhal `Ala Syarh Muqaddimah Bafadhal. Kedua; al-Manhal al-`Amim bi Hasyiah al-Manhaj al-Qawim.

Bagi para pecinta kitab kuning yang menginginkan file Kitab Hasyiah Tarmasi Mauhibah Zil Fahdal tersebut, silahkan di download di bawah ini, semoga bermanfaat.
JILID 1,  JILID 2,   JILID 3JILID 4JILID 5JILID 6, JILID 7

Post a Comment

6 Comments

  1. ko kitab hasyiah tarmas nya ngga bisa di download ya ust

    ReplyDelete
    Replies
    1. barusan kami mencoba kembali untuk mendownloadnya, Insya Allah masih bisa,,mohon di coba kembali

      Delete
  2. Yg ke 4 kok gak ada ya kang ? Dan juga download nya campur aduk gak berurutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami periksa kembali dulu, boleh jadi karena sudah lama linknya rusak

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. kenpa gak bisa di download jilid 4 nya ustad

    ReplyDelete