Rukun Shalat Yang Ketiga: Berdiri

Rukun Shalat Yang Ketiga: BerdiriPada postingan kali ini kita akan membahas tentang rukun shalat yang ketiga, yaitu berdiri bagi orang yang mampu untuk berdiri.
Berdiri (bagi orang yang mampu) merupakan salah satu rukun dalam shalat fardhu yang wajib dikerjakan, walaupun dengan bantuan orang lain yang disewa jasanya untuk membantu seseorang berdiri dalam mengerjakan shalat, dengan catatan ongkos yang dijadikan sebagai biaya penyewaan merupakan harta yang lebih dari kebutuhannya dan kebutuhan keluarganya pada hari itu (siang sampai malam). Artinya jika seseorang tersebut hanya memiliki harta pas-pasan, maka tidak wajib baginya untuk menyewa orang lain untuk membantunya berdiri dalam shalatnya.

Seperti yang telah kita jelaskan bahwa berdiri merupakan salah satu rukun dalam shalat fardhu. Akan tetapi berdiri dalam shalat hanya diwajibkan bagi orang yang sanggup untuk berdiri. Maka dari uraian tersebut dapat kita fahami bahwa dalam pengerjaan shalat sunat, tidak ada kewajiban berdiri, begitu pula bagi orang yang lemah juga tidak diwajibkan berdiri.
Dari penjelasan diatas dapat difahami bahwa shalat fardhu yang dilakukan dengan cara duduk oleh anak kecil yang sanggup berdiri hukumnya sah. Namun pendapat kuat menyatakan tidak sah, sebagaimana yang termaktub dalam kitab al-bahr.

Terdapat beberapa pengecualian dari hukum diatas:
  1. Bagi orang yang takut tenggelam di atas kapal laut. Boleh baginya shalat fardhu dalam keadaan duduk dan tidak ada kewajiban untuk mengulangnya.
  2. Bagi orang yang salsul baul (beser), yang apabila ia shalat sambil berdiri dapat menyebabkan urinenya keluar. Boleh baginya shalat fardhu dalam keadaan duduk dan tidak ada kewajiban untuk mengulangnya.
  3. Tentara yang sedang berada dalam keadaan peperangan, yang jikalau ia shalat sambil berdiri dapat terlihat oleh musuh. Atau duduk di tempat persembunyian, jikalau ia berdiri maka musuh dapat melihatnya. Maka dibolehkan shalat fardhu sambil duduk. Akan tetapi, kasus seperti ini dianggap sebagai kasus yang jarang terjadi, sehingga diwajibkan untuk mengulang kembali shalat tersebut ketika telah aman.

Imam ramli, dalam kitab Nihayatul muhtaj ila syarh al-minhaj menjelaskan bahwa kewajiban berdiri bagi yang kuasa juga termasuk bagi anak kecil, orang yang shalat sambil telanjang (dalam keadaan dharurah, sehingga tidak ada sesuatu yang bisa dipakai untuk menutup aurat), termasuk pula bagi shalat fardhu yang di qadha, dan shalat fardhu yang dinazarkan. maka wajib berdiri ketika melaksanakan takbiratul ihram secara ijma’, sebagaimana yang tertulis dalam kitab al-raudhah ka ashliha.

Adapun alasan para ulama pengarang kitab mengakhirkan “berdiri” daripada niat dan takbiratul ihram yang notabenenya berdiri lebih dulu dilakukan daripada keduanya, adalah karena keduanya merupakan rukun dalam tiap-tiap shalat, sementara berdiri tidak demikian. Alasan kedua adalah karena berdiri sebelum keduanya (niat dan takbir) merupakan syarat shalat, dan berdiri menjadi rukun setelah melakukan niat dan takbir.

Referensi :

1. Mughni muhtaj, jld. I, hal. 444 (al-maktabah syamilah)
(ุงู„ุซุงู„ุซ) ู…ู† ุฃุฑูƒุงู† ุงู„ุตู„ุงุฉ: (ุงู„ู‚ูŠุงู… ููŠ ูุฑุถ ุงู„ู‚ุงุฏุฑ) ุนู„ูŠู‡ ูˆู„ูˆ ุจู…ุนูŠู† ุจุฃุฌุฑุฉ ูุงุถู„ุฉ ุนู† ู…ุคู†ุชู‡ ูˆู…ุคู†ุฉ ู…ู…ูˆู†ู‡ ูŠูˆู…ู‡ ูˆู„ูŠู„ุชู‡ ููŠุฌุจ ุญุงู„ุฉ ุงู„ุงุญุฑุงู… ุจู‡، ูˆู‡ุฐุง ู…ุนู†ู‰ ู‚ูˆู„ ุงู„ุฑูˆุถุฉ ูƒุฃุตู„ู‡ุง ูŠุฌุจ ุฃู† ูŠูƒุจุฑ ู‚ุงุฆู…ุง ุญูŠุซ ูŠุฌุจ ุงู„ู‚ูŠุงู….

2. Hasyiah bujairimy ‘ala al-khatib, jld. II, hal. 8 (dar al-fikr, beirut)
ูˆุฎุฑุฌ ุจุงู„ูุฑุถ ุงู„ู†ูู„ ูˆุจุงู„ู‚ุงุฏุฑ ุงู„ุนุงุฌุฒ. ูˆู‚ุฏ ูŠูู‡ู… ู…ู† ุฐู„ูƒ ุตุญุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุตุจูŠ ุงู„ูุฑุถ ู‚ุงุนุฏุง ู…ุน ุงู„ู‚ุฏุฑุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ูŠุงู…، ูˆุงู„ุฃุตุญ ูƒู…ุง ููŠ ุงู„ุจุญุฑ ุฎู„ุงูู‡. ูˆู…ุซู„ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุตุจูŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ู…ุนุงุฏุฉ، ูˆุงุณุชุซู†ู‰ ุจุนุถู‡ู… ู…ู† ุฐู„ูƒ ู…ุณุงุฆู„: ุงู„ุฃูˆู„ู‰: ู…ุง ู„ูˆ ุฎุงู ุฑุงูƒุจ ุงู„ุณููŠู†ุฉ ุบุฑู‚ุง ุฃูˆ ุฏูˆุฑุงู† ุฑุฃุณ ูุฅู†ู‡ ูŠุตู„ูŠ ู…ู† ู‚ุนูˆุฏ ูˆู„ุง ุฅุนุงุฏุฉ ุนู„ูŠู‡. ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ: ู…ุง ู„ูˆ ูƒุงู† ุจู‡ ุณู„ุณ ุจูˆู„ ู„ูˆ ู‚ุงู… ุณุงู„ ุจูˆู„ู‡ ูˆุฅู† ู‚ุนุฏ ู„ู… ูŠุณู„ ูุฅู†ู‡ ูŠุตู„ูŠ ู…ู† ู‚ุนูˆุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃุตุญ ุจู„ุง ุฅุนุงุฏุฉ، ูˆู…ู†ู‡ุง ู…ุง ู„ูˆ ู‚ุงู„ ุทุจูŠุจ ุซู‚ุฉ ู„ู…ู† ุจุนูŠู†ู‡ ู…ุงุก: ุฅู† ุตู„ูŠุช ู…ุณุชู„ู‚ูŠุง ุฃู…ูƒู† ู…ุฏุงูˆุงุชูƒ، ูู„ู‡ ุชุฑูƒ ุงู„ู‚ูŠุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ุฃุตุญ. ูˆู„ูˆ ุฃู…ูƒู† ุงู„ู…ุฑูŠุถ ุงู„ู‚ูŠุงู… ู…ู†ูุฑุฏุง ุจู„ุง ู…ุดู‚ุฉ ูˆู„ู… ูŠู…ูƒู†ู‡ ุฐู„ูƒ ููŠ ุฌู…ุงุนุฉ ุฅู„ุง ุจุฃู† ูŠุตู„ูŠ ุจุนุถู‡ุง ู‚ุงุนุฏุง ูุงู„ุฃูุถู„ ุงู„ุงู†ูุฑุงุฏ، ูˆุชุตุญ ู…ุน ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ูˆุฅู† ู‚ุนุฏ ููŠ ุจุนุถู‡ุง ูƒู…ุง ููŠ ุฒูŠุงุฏุฉ ุงู„ุฑูˆุถุฉ. ุงู„ุซุงู„ุซุฉ: ู…ุง ู„ูˆ ูƒุงู† ู„ู„ุบุฒุงุฉ ุฑู‚ูŠุจ ูŠุฑู‚ุจ ุงู„ุนุฏูˆ ูˆู„ูˆ ู‚ุงู… ู„ุฑุขู‡ ุงู„ุนุฏูˆ، ุฃูˆ ุฌู„ุณ ุงู„ุบุฒุงุฉ ููŠ ู…ูƒู…ู† ูˆู„ูˆ ู‚ุงู…ูˆุง ู„ุฑุขู‡ู… ุงู„ุนุฏูˆ ูˆูุณุฏ ุชุฏุจูŠุฑ ุงู„ุญุฑุจ ุตู„ูˆุง ู‚ุนูˆุฏุง، ูˆูˆุฌุจุช ุงู„ุฅุนุงุฏุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุฐู‡ุจ ู„ู†ุฏุฑุฉ ุฐู„ูƒ ู„ุง ุฅู† ุฎุงููˆุง ู‚ุตุฏ ุงู„ุนุฏูˆ ู„ู‡ู… ูู„ุง ุชู„ุฒู…ู‡ู… ุงู„ุฅุนุงุฏุฉ ูƒู…ุง ุตุญุญู‡ ููŠ ุงู„ุชุญู‚ูŠู‚. ูˆุงู„ูุฑู‚ ุจูŠู† ู…ุง ู‡ู†ุง ูˆุจูŠู† ู…ุง ู…ุฑ ุฃู† ุงู„ุนุฐุฑ ู‡ู†ุง ุฃุนุธู… ู…ู†ู‡ ุซู… ูˆููŠ ุงู„ุญู‚ูŠู‚ุฉ ู„ุง ุงุณุชุซู†ุงุก ู„ุฃู† ู…ู† ุฐูƒุฑ ุนุงุฌุฒ ุฅู…ุง ู„ุถุฑูˆุฑุฉ ุงู„ุชุฏุงูˆูŠ ุฃูˆ ุฎูˆู ุงู„ุบุฑู‚ ุฃูˆ ุงู„ุฎูˆู ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฃูˆ ู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ.

3. Nihayatul muhtaj ila syarh al-minhaj, jld. I, hal. 465 (dar al-fikr, beirut)
(ุงู„ุซุงู„ุซ) ู…ู† ุฃุฑูƒุงู†ู‡ุง (ุงู„ู‚ูŠุงู… ููŠ ูุฑุถ ุงู„ู‚ุงุฏุฑ) ุนู„ูŠู‡ ุดู…ู„ ูุฑุถ ุงู„ุตุจูŠ ูˆุงู„ุนุงุฑูŠ ูˆุงู„ูุฑูŠุถุฉ ุงู„ู…ุนุงุฏุฉ ูˆุงู„ู…ู†ุฐูˆุฑุฉ، ููŠุฌุจ ุญุงู„ุฉ ุงู„ุชุญุฑู… ุฅุฌู…ุงุนุง، ูˆู‡ูˆ ู…ุฑุงุฏ ุงู„ุฑูˆุถุฉ ูˆุฃุตู„ู‡ุง ุจู‚ูˆู„ู‡ู…ุง ูŠุฌุจ ุฃู† ูŠูƒุจุฑ ู‚ุงุฆู…ุง ุญูŠุซ ูŠุฌุจ ุงู„ู‚ูŠุงู…، ูˆู„ุฎุจุฑ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ «ุตู„ ู‚ุงุฆู…ุง ูุฅู† ู„ู… ุชุณุชุทุน ูู‚ุงุนุฏุง ูุฅู† ู„ู… ุชุณุชุทุน ูุนู„ู‰ ุฌู†ุจ» ، ุฒุงุฏ ุงู„ู†ุณุงุฆูŠ «ูุฅู† ู„ู… ุชุณุชุทุน ูู…ุณุชู„ู‚ูŠุง {ู„ุง ูŠูƒู„ู ุงู„ู„ู‡ ู†ูุณุง ุฅู„ุง ูˆุณุนู‡ุง} [ุงู„ุจู‚ุฑุฉ: 286] » ูˆุฅู†ู…ุง ุฃุฎุฑูˆุง ุงู„ู‚ูŠุงู… ุนู† ุงู„ู†ูŠุฉ ูˆุงู„ุชูƒุจูŠุฑ ู…ุน ุชู‚ุฏู…ู‡ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ู„ุฃู†ู‡ู…ุง ุฑูƒู†ุงู† ููŠ ูƒู„ ุตู„ุงุฉ ุจุฎู„ุงูู‡، ูˆู„ุฃู†ู‡ ู‚ุจู„ู‡ู…ุง ุดุฑุท ูˆุฑูƒู†ูŠุชู‡ ุฅู†ู…ุง ู‡ูŠ ู…ุนู‡ู…ุง ูˆุจุนุฏู‡ู…ุง.

Post a Comment

1 Comments