Perbedaan Hadis Qudsi dengan Hadis Nabawi dan Al quran

Perbedaan Hadis Qudsi dengan Hadis Nabawi dan Al quranPada Postingan terdahulu, kami sudah membahas tentang pembagian hadis dari segi penyandaran berita, yaitu terbagi kepada Hadis Nabawi dan Hadis Qudsi, kali ini kami akan menjelaskan perbedaan di antara keduanya, ditambah perbedaan antara hadis Qudsi dan Al Quran, semoga Bermanfaat.

Berikut ini Perbedaan antara Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi:

  1. Hadis nabawi sumbernya adalah Nabi SAW, sedangkan sumber dari Hadis Qudsi adalah Allah SWT.
  2. Bentuk Hadis Nabawi terdiri dari Perkataan, Perbuatan, Persetujuan, dan Sifat Nabi, sedangkan Hadis Qudsi hanya berbentuk Perkataan.
  3. Hadis Nabawi bisa wahyu langsung dari Allah adakala wahyu tidak langsung yaitu hasil ijtihad dari Nabi, sedangkan Hadis Qudsi hanya berbentuk wahyu langsung dari Allah.
  4. Hadis Nabawi membahaskan tentang perintah Allah dan larangannya, dan menjelaskan tentang hukum halal dan haram, sedangkan Hadis Qudsi menjelaskan sifat-sifat dan kekuasaan Allah.

Sedangkan Perbedaan Hadis Qudsi dan Al Quran adalah:

  1. Al Qur’an merupakan mu’jizat sedangkan Hadis Qudsi bukan merupakan mu’jizat.
  2. Al qur’an diriwayatkan secara Mutawatir, sedangkan Hadis Qudsi tidak harus demikian
  3. Meriwayatkan Al qur’an dengan makna, diharamkan, sedangkan meriwayatkan Hadis qudsi dengan makna, tidak diharamkan.
  4. Lafad dan makna Al qur’an semuanya diturunkan dari Allah melalui jibril, sedangkan Hadis Qudsi maknanya saja diturunkan dari Allah sedangkan lafadnya merupakan ungkapan Nabi Saw.
  5. Al qur’an diharamkan membaca bagi orang yang berhadas besar sedangkan Hadis Qudsi tidak diharamkan.
  6. Al Qur’an diturunkan adalah untuk I’jaz ( Penampakan kebenaran kerasulan Nabi Muhammad SAW. dalam ketidakmampuan orang Arab untuk menandingi mukjizat nabi yang abadi, yaitu Al-Qur’an), sedangkan Hadis Qudsi bukan untuk I’jaz.

Sumber:
Beberapa Kitab Mustalah Hadis.

Post a Comment

0 Comments