Menyerahkan Zakat Kepada Anak Yatim

Dalam acara santunan anak yatim sebagian donatur memanfaatkan momen tersebut untuk membagikan zakat harta mereka. Biasanya santunan tersebut diterima langsung oleh anak yatim yang bersangkutan.

Pertanyaan; Bagaimana hukum memberikan zakat kepada anak yatim? 

Jawab: Anak yang masih belum baligh tidak sah tasharrufnya dalam penggunaan harta. Hartanya dikelola oleh walinya. Perkataannya juga belum diterima dalam fiqh, sehingga akad dan sejenisnya yang ia lakukan tidak sah. Maka jika zakat diberikan kepada anak yang masih belum baligh, tidak sah qabadhnya (serah terima). Untuk sah maka harus diterima oleh walinya. 

Note. Anak yatim dalam istilah agama adalah anak yang tiada ayah dan masih belum baligh, jika sudah baligh maka tidak lagi disebut sebagai anak yatim dan ia sudah sah menerima penyerahan zakat untuknya. Syeikhul Islam Imam Ibnu Hajar al-Haitami pernah ditanyakan hal demikian, berikut nash pertanyaan dan jawaban beliau, lengkap dengan terjemahannya.

 (وسئل) هل يجوز للمالك أن يصرف من زكاته إلى الأيتام الفقراء الحاضرين عند القسمة لتعسر أو تعذر مراجعة القاضي في نصيب من يقبض لهم ولو روجع لقسمها المالك قبل عود جوابه وقد يتعذر وجود المنصوب وبقاؤه في الجرين عند قسمة كل مالك؟

(فأجاب) بقوله لا يجوز للمالك صرف شيء من زكاته إلى صغير ولا إلى سفيه وإنما يدفع لوليه فإن فرض تعذر ولي يقبض له أو قاض ينصب له وليا لذلك كان ذلك أمرا نادرا فلا يقول عليه ولا ينظر إليه واختيار بعضهم جواز الدفع لا يجوز تقليده فيه ولا العمل به لأن ذلك شيء شاذ خارج عن المذهب وقائله المذكور ليس مجتهدا فيتعين إلغاؤه والإعراض عنه رأسا، والله سبحانه وتعالى أعلم. 

Beliau ditanyakan pertanyaan; Bolehkah pemilik harta menyerahkan zakatnya kepada anak yatim yang fakir yang hadir saat pembagian harta, karena sulit atau ozor untuk merujuk kepada qadhi tentang orang yang dilantik untuk menerima zakat bagi mereka. Kalaupun akan merujuk [kepada qadhi) zakat sudah selesai dibagi oleh pemiliknya sebelum kembali jawaban, dan kadang ozor adanya ditemukan orang yang telah dilantik dan [ozor] kekalnya pada tempat pengeringan [padi atau gandum] ketika dibagi oleh pemiliknya?

Baca Juga: Membayar Zakat Fithrah Dengan Uang

                   Mustahiq Zakat

 Beliau menjawab; Tidak boleh bagi pemilik harta menyerahkan zakatnya kepada anak kecil (belum baligh) dan si safih, hanya boleh diserahkan kepada walinya. Maka jika ditakdirkan ozor walinya untuk mengqabadhnya atau ozor qadhi yang dilantik sebagai wali pada hal demikian maka itu adalah perkara nadir (jarang terjadi), tidak bisa berkata demikian dan tidak dilihat kepada demikian. Pilihan sebagian ulama [yang berpendapat] boleh menyerahkan [kepada anak kecil] pendapat tersebut tidak boleh diikuti dan diamalkan, karena merupakan pendapat syaz yang keluar dari mazhab dan yang mengeluarkan pendapat demikian bukanlah seorang mujtahid, maka pendapat tersebut mesti dibatalkan dan ditinggalkan. Wallahu a`lam.

Baca Juga: Cara Menyerahkan Zakat

Post a Comment

0 Comments