Kelebihan dan Amalan-amalan pada hari Asyura

Kelebihan dan Amalan-amalan pada hari AsyuraBulan Muharram merupakan bulan yang memiliki nilai lebih dalam islam. Selain merupakan bulan pertama dalam penanggalan hijriyah, bulan Muharram juga termasuk dalam salah satu bulan haram (bulan-bulan haram : Zulhijjah, Zulqa`dah, Muharram, dan Rajab)

Bulan Muharram merupakan bulan yang sangat baik untuk berpuasa setelah bulan Ramadhan. Dalam satu hadits riwayat Imam Muslim Rasulullah bersabda:

ุงูุถู„ ุงู„ุตูŠุงู… ุจุนุฏ ุฑู…ุถุงู† ุดู‡ุฑ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ุญุฑู… ูˆุงูุถู„ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุจุนุฏ ุงู„ูุฑูŠุถุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„

Yang paling Afdhal berpuasa setelah bulan Ramadhan adalah bulan Allah Muharram, dan yang paling utama shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam.
Dalam bulan Muharram ada satu hari yang istimewa tepatnya pada 10 Muharram yang lebih dikenal dengan Hari Asyura.

Beberapa kelebihan hari Asyura Rasulullah sebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra:

ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ุงูุชุฑุถ ุนู„ู‰ ุจูŠู† ุฅุณุฑุงุฆูŠู„ ุตูˆู… ูŠูˆู… ููŠ ุงู„ุณู†ุฉ ูˆู‡ูˆ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ูˆู‡ูˆ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุนุงุดุฑ ู…ู† ุงู„ู…ุญุฑู… ูุตูˆู…ูˆู‡ ูˆูˆุณุนูˆุง ุนู„ู‰ ุนูŠุงู„ูƒู… ููŠู‡ ูุฅู†ู‡ ู…ู† ูˆุณุน ููŠู‡ ุนู„ู‰ ุนูŠุงู„ู‡ ูˆุฃู‡ู„ู‡ ู…ู† ู…ุงู„ู‡ ูˆุณุน ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุณุงุฆุฑ ุณู†ุชู‡ ูุตูˆู…ูˆู‡ ูุฅู†ู‡ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุฐูŠ ุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ุนู„ู‰ ุขุฏู… ูุฃุตุจุญ ุตููŠุง ูˆุฑูุน ููŠู‡ ุฅุฏุฑูŠุณ ู…ูƒุงู†ุง ุนู„ูŠุง ูˆุฃุฎุฑุฌ ู†ูˆุญุง ู…ู† ุงู„ุณููŠู†ุฉ ูˆู†ุฌู‰ ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ู…ู† ุงู„ู†ุงุฑ ูˆุฃู†ุฒู„ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ุงู„ุชูˆุฑุงุฉ ุนู„ู‰ ู…ูˆุณู‰ ูˆุฃุฎุฑุฌ ููŠู‡ ูŠูˆุณู ู…ู† ุงู„ุณุฌู† ูˆุฑุฏ ููŠู‡ ุนู„ู‰ ูŠุนู‚ูˆุจ ุจุตุฑู‡ ูˆููŠู‡ ูƒุดู ุงู„ุถุฑ ุนู† ุฃูŠูˆุจ ูˆููŠู‡ ุฃุฎุฑุฌ ูŠูˆู†ุณ ู…ู† ุจุทู† ุงู„ุญูˆุช ูˆููŠู‡ ูู„ู‚ ุงู„ุจุญุฑ ู„ุจู†ูŠ ุฅุณุฑุงุฆูŠู„ ูˆููŠู‡ ุบูุฑ ู„ุฏุงูˆุฏ ุฐู†ุจู‡ ูˆููŠู‡ ุฃุนุทู‰ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ู„ูƒ ู„ุณู„ูŠู…ุงู† ูˆููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู… ุบูุฑ ู„ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ุง ุชู‚ุฏู… ู…ู† ุฐู†ุจู‡ ูˆู…ุง ุชุฃุฎุฑ ูˆู‡ูˆ ุฃูˆู„ ูŠูˆู… ุฎู„ู‚ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ุงู„ุฏู†ูŠุง
ูˆุฃูˆู„ ูŠูˆู… ู†ุฒู„ ููŠู‡ ุงู„ู…ุทุฑ ู…ู† ุงู„ุณู…ุงุก ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ูˆุฃูˆู„ ุฑุญู…ุฉ ู†ุฒู„ุช ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃุฑุถ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ูู…ู† ุตุงู… ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ููƒุฃู†ู…ุง ุตุงู… ุงู„ุฏู‡ุฑ ูƒู„ู‡ ูˆู‡ูˆ ุตูˆู… ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูˆู…ู† ุฃุญูŠุง ู„ูŠู„ุฉ ุนุงุดูˆุฑุงุก ุจุงู„ุนุจุงุฏุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู…ุซู„ ุนุจุงุฏุฉ ุฃู‡ู„ ุงู„ุณู…ูˆุงุช ุงู„ุณุจุน ูˆู…ู† ุตู„ู‰ ููŠู‡ ุฃุฑุจุน ุฑูƒุนุงุช ูŠู‚ุฑุฃ ููŠ ูƒู„ ุฑูƒุนุฉ ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ู…ุฑุฉ ูˆู‚ู„ ู‡ูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃุญุฏ ุฅุญุฏู‰ ูˆุฎู…ุณูŠู† ู…ุฑุฉ ุบูุฑ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡ ุฐู†ูˆุจ ุฎู…ุณูŠู† ุนุงู…ุง ูˆู…ู† ุณู‚ู‰ ููŠ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ุดุฑุจุฉ ู…ุงุก ุณู‚ุงู‡ ุงู„ู„ู‡ ูŠูˆู… ุงู„ุนุทุด ุงู„ุฃูƒุจุฑ ูƒุฃุณุง ู„ู… ูŠุธู…ุฃ ุจุนุฏู‡ุง ุฃุจุฏุง ูˆูƒุฃู†ู…ุง ู„ู… ูŠุนุต ุงู„ู„ู‡ ุทุฑูุฉ ุนูŠู† ูˆู…ู† ุชุตุฏู‚ ููŠู‡ ุจุตุฏู‚ุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู„ู… ูŠุฑุฏ ุณุงุฆู„ุง ู‚ุท ูˆู…ู† ุงุบุชุณู„ ูˆุชุทู‡ุฑ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ู„ู… ูŠู…ุฑุถ ููŠ ุณู†ุชู‡ ุฅู„ุง ู…ุฑุถ ุงู„ู…ูˆุช ูˆู…ู† ู…ุณุญ ููŠู‡ ุนู„ู‰ ุฑุฃุณ ูŠุชูŠู… ุฃูˆ ุฃุญุณู† ุฅู„ูŠู‡ ููƒุฃู†ู…ุง ุฃุญุณู† ุฅู„ู‰ ุฃูŠุชุงู… ูˆู„ุฏ ุขุฏู… ูƒู„ู‡ู… ูˆู…ู† ุนุงุฏ ู…ุฑูŠุถุง ููŠ ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ููƒุฃู†ู…ุง ุนุงุฏ ู…ุฑุถู‰ ุฃูˆู„ุงุฏ ุขุฏู… ูƒู„ู‡ู… ูˆู‡ูˆ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุฐูŠ ุฎู„ู‚ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ุงู„ุนุฑุด ูˆุงู„ู„ูˆุญ ูˆุงู„ู‚ู„ู… ูˆู‡ูˆ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุฐูŠ ุฎู„ู‚ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ุฌุจุฑูŠู„ ูˆุฑูุน ููŠู‡ ุนูŠุณู‰ ูˆู‡ูˆ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุฐูŠ ุชู‚ูˆู… ููŠู‡ ุงู„ุณุงุนุฉ

Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra, Rasulullah bersabda; sesungguhnya Allah mewajibkan atas bangsa israil puasa satu hari dalam setahun yaitu pada hari Asyura. Hari Asyura adalah hari sepuluh bulan Muharram, maka berpuasalah kamu pada hari tersebut dan perbanyaklah nafaqah terhadap keluargamu pada hari tersebut. Karena siapa saja yang memperbanyak memberi nafaqah terhadap keluarganya pada hari tersebut maka Allah akan meluaskan (rizkinya)pada ketinggalan tahun tersebut. Maka berpuasalah karena hari tersebut adalah hari Allah menerima taubat Nabi Adam sehingga Nabi Adam menjadi bersih, dan Allah mengangkat Nabi Idris as ke tempat yang tinggi, Allah mengeluarkan Nabi Nuh as dari kapal, Allah melepaskan Nabi Ibrahim dari api, Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as, Allah mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara, Allah mengembalikan pandangan Nabi Ya`qub, Allah menyembuhkan sakit Nabi Ayyub, Allah mengeluarkan Nabi Yunus as dari perut ikan, Allah membelah laut bagi Nabi Musa as dan Bani Israil, Allah mengampuni dosa Nabi Daud, Allah memberi kerajaan bagi Sulaiman, Allah ampunkan bagi Nabi Muhammad segala yang terdahulu dan yang kemudian, Hari Asyura adalah hari permulaan jadi dunia, Hari Asyura adalah hari permulaan turunnya hujan, Hari Asyura adalah hari permulaan turunya rahmat ke bumi. Maka barang siapa berpuasa pada hari Asyura seolah-olah ia berpuasa setahun, sedangkan puasa setahun itu adalah puasanya para Nabi. Barang siapa menghidupkan malam Asyura dengan beribadat maka seolah-olah ia telah beribadat kepada Allah seperti ibadat penghuni tujuh langit, barang siapa yang shalat pada malamnya empat rakaat, ia membaca pada tiap-tiap rakaat Alhamdulillah(surat al-Fatihah) satu kali, qul huwallahu ahad (surat al-Ikhlash) 51 satu kali maka akan Allah ampunkan dosa lima puluh tahun. Barang siapa memberi minum pada hari Asyura maka Allah akan memberi ia minum pada hari kehausan yang besar(kiamat) dengan minuman yang tidak akan membuat ia haus setelahnya. Dan seolah-olah ia tidak pernah berbuat maksiat kepada Allah sekejap matapun, barang siapa bersadaqah pada hari Asyura maka seolah-olah ia tidak pernah menolak oarng-orang yang meminta-minta. Barang siapa mandi dan bersuci pada hari Asyura maka ia tidak akan sakit pada tahun tersebut kecuali sakit mati, barang siapa menyapu kepala anak yatim atau berbuat baik kepada mereka maka seolah-olah ia telah berbuat baik kepada seluruh anak yatim anak Adam. Barang siapa yang menjenguk orang sakit pada hari tersebut maka seolah-olah ia telah menjenguk seluruh anak Adam yang sakit. Hari Asyura adalah hari Allah ciptakan Arasy, Lauh dan Qalam dan malaikat Jibril dan Allah angkatkan Nabi Isa ketempat yang tinggi dan hari Asyura adalah hari terjadinya kiamat.

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa pada hari Asyura ada beberapa kejadian penting bagi umat islam yaitu:
1. Allah mengampuni dosa Nabi Adam.
2. Allah mengangkat Nabi Idris as ke tempat yang tinggi.
3. Allah mengeluarkan Nabi Nuh as dari kapal.
4. Allah melepaskan Nabi Ibrahim dari api.
5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as
6. Allah mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara.
7. Allah mengembalikan pandangan Nabi Ya`qub.
8. Allah menyembuhkan sakit Nabi Ayyub
9. Allah mengeluarkan Nabi Yunus as dari perut ikan.
10. Allah membelah laut bagi Nabi Musa as dan Bani Israil.
11. Allah mengampuni dosa Nabi Daud.
12. Allah memberi kerajaan bagi Sulaiman
13. Hari Asyura adalah hari Allah angkat Nabi Isa as
14. Allah ampunkan bagi Nabi Muhammad segala yang terdahulu dan yang kemudian.
15. Hari Asyura adalah hari permulaan jadi dunia
16. Hari Asyura adalah hari permulaan turunnya hujan
17. Hari Asyura adalah hari permulaan turunya rahmat ke bumi.
18. Hari Asyura adalah hari diciptakannya Arasy, Lauh dan Qalam dan malaikat Jibril
19. Hari Asyura adalah hari terjadinya kiamat.
Selain pada hari 10 Muharram/Asyura pada bulan Muharram juga disunatkn berpuasa pada hari 9 Muharram yang dikenal dengan nama hari Tasu`a karena Rasulullah sempat bercita-cita akan berpuasa pada 9 Muharram pada tahun depan, namun Rasulullah wafat sebelum datang bulan Muharram tahun depan sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim.
Doa pada Hari Asyura.
Imam Ibnu Hajar al-Asqalany mengataka siapa saja yang membaca doa ini pada hari Asyura /10 Muharram, maka Allah tidak akan mematikan hatinya

ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ู…ِู„ْุกَ ุงู„ْู…ِูŠุฒَุงู†ِ ูˆَู…ُู†ْุชَู‡َู‰ ุงْู„ุนِู„ْู…ِ ูˆَู…َุจْู„َุบَ ุงู„ุฑِّุถَุง ูˆَุฒِู†َุฉَ ุงู„ْุนَุฑْุดِ. ูˆَุงْู„ุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ู…ِู„ْุกَ ุงู„ْู…ِูŠุฒَุงู†ِ ูˆَู…ُู†ْุชَู‡َู‰ ุงْู„ุนِู„ْู…ِ ูˆَู…َุจْู„َุบَ ุงู„ุฑِّุถَุง ูˆَุฒِู†َุฉَ ุงู„ْุนَุฑْุดِ. ูˆَุงู„ู„ู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑُ ู…ِู„ْุกَ ุงู„ْู…ِูŠุฒَุงู†ِ ูˆَู…ُู†ْุชَู‡َู‰ ุงْู„ุนِู„ْู…ِ ูˆَู…َุจْู„َุบَ ุงู„ุฑِّุถَุง ูˆَุฒِู†َุฉَ ุงู„ْุนَุฑْุดِ ู„َุง ู…َู„ْุฌَุฃَ ูˆَู„َุง ู…َู†ْุฌَูŠ ู…ِู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ุฅِู„ุงَّ ุงِู„َูŠْู‡ِ. ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَุฏَุฏَ ุงู„ุดَّุบْุนِ ูˆَุงู„ْูˆِุชْุฑِ ูˆَุนَุฏَุฏَ ูƒَู„ِู…َุงุชِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุชَّุงู…َّุงุชِ ูƒُู„ِّู‡َุง. ูˆَุงْู„ุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ุนَุฏَุฏَ ุงู„ุดَّุบْุนِ ูˆَุงู„ْูˆِุชْุฑِ ูˆَุนَุฏَุฏَ ูƒَู„ِู…َุงุชِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุชَّุงู…َّุงุชِ ูƒُู„ِّู‡َุง. ูˆَุงู„ู„ู‡ُ ุงَูƒْุจَุฑُ ุนَุฏَุฏَ ุงู„ุดَّุบْุนِ ูˆَุงู„ْูˆِุชْุฑِ ูˆَุนَุฏَุฏَ ูƒَู„ِู…َุงุชِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุชَّุงู…َّุงุชِ ูƒُู„ِّู‡َุง. ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุงู„ุณَّู„َุงู…َุฉَ ุจِุฑَุญْู…َุชِูƒَ ูŠَุงุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุงุญِู…ِูŠْู†َ ูˆَู„َุง ุญَูˆْู„َุง ูˆَู„َุง ู‚ُูˆَّุฉَ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ู„ู‡ِ ุงْู„ุนَู„ِูŠُّ ุงْู„ุนَุธِูŠْู…ُ. ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ุงَุฌْู…َุนِูŠْู†َ ูˆَุงْู„ุญَู…ْุฏُ ู„ู„ู‡ِ ุฑَุจِّ ุงْู„ุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ.

Imam Ajhury mengatakan siapa saja yang membaca doa ini sebanyak 70 x maka Allah pelihara dirinya dari keburukan dalam tahun tersebut.

ุญَุณْุจِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَู†ِุนْู…َ ุงْู„ูˆَูƒِูŠْู„ُ ู†ِุนْู…َ ุงْู„ู…َูˆْู„َู‰ ูˆَู†ِุนْู…َ ุงู„ู†َّุตِูŠْุฑُ

Referensi:
Taqrirat `ala Hasyiah I`anatuth Thalibin, Sayyid Abi Bakar Syatha jilid 2 hal 267 Cet. Haramain
sumber: Abu Mudi







Post a Comment

0 Comments