Doa Ketika Sujud Tilawah

Doa Sujud Tilawah
Pada tulisan sebelumnya kami telah menerangkan sedikit tentang hal-hal yang berkaitan dengan sujud tilawah minus doa yang di baca ketika sujud tilawah. Sesuai dengan janji kami, bahwa akan kami lanjutnya dengan doa sujud tilawah, maka dalam tulisan ini akan kami tampilkan doa yang bisa di baca ketika kita melakukan sujud tilawah.
Adapun zikir yang di baca ketika sujud tilawah adalah :

  • Tasbih sebagaimana dalam sujud shalat seperti biasa yaitu:


 3 x سبحان ربي الاعلى وبحمده


  • Kemudian membaca:


اَللّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ سَجَدَ وَجْهِىَ لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنَ الْخَالِقِيْنَ
سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوْح

Ya Allah, hanya bagiMu aku sujud, dan hanya denganMu aku beriman, dan hanya bagiMu aku Islam, sujudlah wajahku bagi yang menciptakannnya dan membentuknya dan membelah pendengarannya dan penglihatannya dengan dayaNya dan kekuatanNya, Maha sucilah Allah sebagus-bagus pencipta.

  • Kemudian ditambah dengan doa :

اللَّهُمَّ اُكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا وَاقْبَلْهَا مِنِّي كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُد صلى الله عليه وسلم

Ya Allah, tuliskankanlahh bagiku dengannya (sujud) pahala di sisiMu, dan jadikanlah ia sebagai simpanan (untuk hari akhirat) bagiku dan kurangilah dosaku dengannya dan terimalah ia dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hambaMu, Nabi Daud ‘Alaihi Salam.
(Doa ini di riwayatkan oleh Imam Turmuzi dan lainnya dengan sanad yang hasan)

Imam Ismail adh-Dharir dalam kitab beliau at-Tafsir meriwayatkan doa yang di pilih oleh Imam Syafii yaitu:

سُبْحَانَ رَبِّنَا إِنْ كَانَ وَعْدُ رَبِّنَا لَمَفْعُولا

Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi.(surat al-Isra ayat 108)

Di sunatkan untuk membaca semua zikir-zikir tersebut dan boleh ditambah dengan doa-doa apa saja yang ia kehendaki baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

Namun bila di baca sebagiannya saja, pahala tasbih juga hasil, dan bila ia hanya sujud tidak membaca apapun maka ia hanya mendapat pahala sujud tilawah.
Kemudian bila selesai dari sujud maka segera bangun dan mengucapkan salam.

Sumber:

kitab Tibyan fi Adabi Hamalatil Quran karangan Imam Nawawi, hal 212-239 Cet. Dar Salam

Post a Comment

0 Comments