Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

4 Hari dan 4 Malam Terbaik dalam Islam.


Empat Hari terbaik dalam islam adalah berdasarkan urutannya:

  1. Hari-hari Arafah, karena merupakan hari berkumpulnya kebaikan, baik bagi orang yang berhaji atau tidak, seperti siapa saja orang yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah akan mengampuni segala dosa kecil yang tidak berhubungan dengan anak Adam.
  2. Hari-Hari Jum’at, karena pada hari tersebut Allah mengampuni dosa seminggu belakangan, dosa yang tidak terampuni dengan shalat lima waktu.
  3. Hari Raya idul adha, karena merupakan hari dimulainya memuliakan tamu Allah dengan berkurban.
  4.  Hari Raya idul fitri, hari dimana seorang hamba bersih dari segala dosa setelah satu bulan penuh berpuasa, dengan meraih titel Muttaqin.


Empat Malam terbaik dalam islam berdasarkan urutannya

  1. Malam kelahiran Baginda Nabi Saw, karena pada malam tersebut dimulailah kebaikan dan manfaat yang sangat besar untuk perubahan umat islam di dunia.
  2. Malam Lailatul Qadar, karena pada malam tersebut lebih baik dari 1000 bulan.
  3. Malam Jum’at, karena pada malam tersebut pahala ibadah dilipat-gandakan.
  4. Malam Isra’ Mi’raj, karena pada malam tersbut baginda nabi naik ke sidratul muntaha mengambil shalat yang merupakan tiang agama.

Empat malam tersebut merupakan yang terbaik pada hak kita umat nabi Saw, adapun pada hak baginda nabi Saw, malam paling baik adalah malam isr’ mi’raj, karena pada malam tersebut nabi bertemu dan melihat langsung Allah Swt, dengan mata kepala berdasarkan pendapat kuat. Adapun menurut Imam Ahmad bi Hambal Hari paling baik adalah hari jum’at melebihi hari Arafah, dan malam jum’at merupakan malam paling baik melebihi malam lailatul qadar. Wallahua'lam.

Sumber : Hasyiyah Bajuri ‘ala Fathul Qarib. Hal. 210.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk 4 Hari dan 4 Malam Terbaik dalam Islam.