Profil Imam Zakariya Al-Anshariy


Imam Zakariyya bernama lengkap Zakariyya bin Muhammad bin Ahmad bin Zakariyya Al-Anshariy Al-Khazrajiy As-Sunaykiy Al-Qahiriy Al-Azhariy Asy-Syafi'ie. Beliau lahir di Sunaikah, wilayah kegubernuran Asy-Syarqiyah, bagian utara Mesir pada tahun 826 H. Di Sunaykah beliau mulai menghafal Al-Qur'an, hingga pada akhirnya Imam Zakariyya berlabuh ke Al-Azhar untuk bertalaqqi pada banyak guru besar di Al-Azhar.

Inilah rihlah pertamanya belajar ke Al-Azhar. kemudian, beliau kembali ke kampung halamannya untuk bekerja. Setelah beberapa waktu, syekh zakariyya kembali ke Al-Azhar untuk kedua kalinya.pada rihlah kali ini beliau  belajar kitab Syarah Al-Bahjah, Al 'Adhud, Syarah Al-Ibari dan lain lain.

Diantara gurunya ialah : 

1. Syaikh Islam Ibnu Hajar Al-'Asqalaniy, pemilik karya Fath Al-Bari Syarah Shahih Al-Bukhari, wafat pada tahun 852 H.

2. Mahyuddin Al-Kafiyjiy Muhammad bin Sulaiman Ar-Rumiy, wafat pada tahun 879 H.
3. Syaikh Muhammad bin Ghamr Al-Wasithi, guru Tashawuf Syaikh Zakariyya, wafat pada tahun 849 H.

4. Syamsuddin Al-Qayatiy, wafat pada tahun 850 H. Dan banyak lagi guru-guru dari Imam Zakariyya. Bahkan, menurut sebagian informasi, Imam Zakariyya mengambil ilmu dari lebih 150 orang alim.

Diantara murid Imam Zakariyya yang terkenal, ialah; 
1. Yahya bin Zakariyya, putranya sendiri, wafat pada tahun 897 H.

2. Muhammad bin Zakariyya Al-Anshariy, putranya yang lain yang menggantikan beliau dalam mengajar ilmu tashawuf di madrasah Ji'aniyyah, wafat pada tahun 904 H.

3. Ibnu Hajar Al-Haytamiy, wafat pada tahun 974 H. 4. 'Abdul Wahab Asy-Sya'raniy, wafat pada tahun 973 H.

Imam Zakariyya merupakan seorang ulama besar yang sangat produktif dalam menulis karya ilmiah dari berbagai prinsip keilmuan. Dalam sebuah referensi disebutkan, Imam Zakariyya memiliki hampir delapan puluh karya tulis ilmiah. Diantaranya adalah Asna Al-Mathalib Syarah Raudh Ath-Thalib yang merupakan kitab fiqh yang mempunyai syarahan yang sangat tinggi, Lubb Al Ushul dan Ghayat Al-Wushul di bidang ushul fiqh dan ushuluddin, Al-Mathla' dan Syarah bagi Thawali' Al-Anwar Al-Baidhawiy di bidang mantiq, dan banyak karya beliau yang lainnya.

Akhir kehidupannya. 

Syaikh Zakaria Al-Anshari wafat pada tanggal 4 zulhijjah 926 hijriah atau 27 November 1520 Masehi di usia 100 tahun lebih dan dimakamkan di dalam pekarangan makam Imam Asy-Syafi'i di Mesir. Selama hidupnya, Syekh Zakariyya di isi penuh dengan ilmu, pendidikan, dakwah,dan mengajar hingga ia di uji dengan kebutaan mata.


Post a Comment

0 Comments