Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Doa Di Samping Kubur Menurut Az-Zahabi

Imam az-Zahabi merupakan salah satu murid Ibnu Taimiyah, walaupun tidak seperti Ibnu Qaiyim al-Jauziyah, murid Ibnu Taimiyah yang lainnya yang sangat giat menyebarkan pemahaman gurunya, Ibnu Taimiyah. Imam az-Zahabi banyak menuliskan kitab-kitab dalam berbagai bidang ilmu. Salah satu kitab beliau adalah Siyar A’lam Nubala, sebuah kitab ensiklopedi tentang sejarah tokoh-tokoh terkemuka dalam sejarah Islam dari era para shahabat hingga masa beliau, abad ke 7 H. 

Nah, bagaimana pemahaman Imam az-Zahabi tentang hukum berdoa di samping kuburan ? Apakah sama dengan kaum wahabi salafi yang menganggapnya sebagai amalan yang bid’ah dan pelakunya masuk neraka.

Baca Juga: Pendapat Syeikh Utsaimin tentang hadiah pahala kepada mayat.


Imam az-Zahabi dalam kitabnya Siyar A’lam Nubala Jld 33 hal 65 Cet. Muassis ar-Risalah, ketika beliau menceritakan biografi Imam Ibnu Lal Abu Bakar Ahmad bin Ali bin Ahmad al-Hamazani. Beliau menceritakan bahwa Imam Sirawaihi mengatakan bahwa Ibnu Lal ini merupakan seorang yang mustajab doa di sisi kuburnya. Selanjutnya Imam az-Zahabi menambahkan:


قلت:  والدعاء مستجاب عند قبور الأنبياء والأولياء، وفي سائر البقاع، لكن سبب الإجابة حضور الداعي، وخشوعه وابتهاله، وبلا ريب في البقعة المباركة، وفي المسجد، وفي السحر، ونحو ذلك، يتحصل ذلك للداعي كثيرا، وكل مضطر فدعاؤه مجاب.


Qultu; dan doa mustajabah di samping kubur para anbiya dan aulia, dan ketinggalan tanah lainnya, tetapi sebab ijabah adalah hudhurnya hati orang yang berdoa, khusu’ dan berdoa dengan sepenuh hati. dan tidak diragukan lagi (juga mustajabah doa) pada tanah yang penuh barakah dan dalam mesjid serta di waktu sahur dan seumpamanya yang hasil bagi orang berdoa dan kebanyakan orang yang mudharat, doanya mustajabah.

Nah, ternyata pemahaman Imam Zahabi jauh berbeda sangat dengan kaum salafi wahabi yang suka mevonis bid’ah amaliyah kaum lain yang tidak sependapat dengan mereka. Semoga kita terhindar dari fitnah kaum wahabi. Amiin. 




Ilmu Tauhid Ma'rifatullah [Abu Ishak Ahmad Langkawe]




Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Doa Di Samping Kubur Menurut Az-Zahabi